Kulon Progo

Dua Beruang Madu di Kulon Progo Lepas, Masyarakat Diminta Berhati-hati

Dua beruang yang berada di Wildlife Rescue Center (WRC) Pedukuhan Paingan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Rabu, (29

Istimewa
Ilustrasi beruang. Dua beruang yang berada di Wildlife Rescue Center (WRC) Pedukuhan Paingan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Rabu, (29/4/2020) sekitar pukul 17.30 wib lepas dari kandangnya. 

Laporan reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dua beruang yang berada di Wildlife Rescue Center (WRC) Pedukuhan Paingan, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Rabu, (29/4/2020) sekitar pukul 17.30 wib lepas dari kandangnya.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Pengasih, Kompol Sutikno.

"Ada dua lepas, tapi satu sudah tertangkap. Lainnya masih proses pencarian," katanya.

Dijelaskan olehnya, beruang yang lepas tersebut merupakan beruang berjenis Sunbear atau Beruang Madu.

Selain itu Kadus Paingan, Maryadi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat juga menuturkan hal serupa.

Koleksi Taman Safari Prigen Bertambah, Pasangan Beruang Cokelat Joy dan Chiko Melahirkan 2 Ekor Bayi

"Menurut salah satu petugas, tadi sekitar pukul 16.30 wib kedua beruang tersebut dikasih makan. Namun lupa mengkunci pintu sesudahnya," katanya.

Sementara Babinsa Kalurahan Sendangsari Sertu Surip juga membenarkan dua beruang yang berada di Wildlife Rescue Center (WRC) Paingan, Sendangsari, Pengasih lepas dari kandangnya, namun yang betina sudah tertangkap.

Dia pun mengimbau kepada warga sekitar untuk berhati-hati apabila beruang tersebut masuk ke pemukiman sekitar, karena pagar di WRC sudah banyak yang rusak.

Dari informasi yang diberikan oleh petugas WRC, Sujarwo, kedua beruang yang lepas tersebut sepasang jantan dan betina

Bunuh dan Makan Alat Kelamin Beruang Demi Tingkatkan Gairah Seks, Pemburu Harimau di India Ditangkap

"Yang laki-laki umur 9 tahun dan perempuan usia 7 tahun," katanya.

Lanjutnya, beruang yang betina sudah tertangkap petugas dengan menggunakan jaring di depan WRC, sedangkan beruang jantan masih belum ditemukan.

"Saat ini petugas WRC, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa Pengasih sedang menyisir keberadaan Beruang tersebut di sekitar WRC," katanya.

Sujarwo juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kulon Progo agar tetap tenang dan berhati-hati terkait lepasnya beruang tersebut.

"Apabila melihat satwa tersebut tindakan yang dapat dilakukan yaitu menjauh dan pastikan berada pada posisi yang aman. Kemudian segera hubungi pihak terkait," ungkapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved