Breaking News:

Ramadhan 2020

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan, Niat Sholat Tarawih dan Witir

Doa buka puasa sebelum memasukkan makanan dan minuman untuk membatalkan puasa. Nabi Muhammad SAW menjadikan momen berbuka sebagai rasa syukur

aboutislam.net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Setelah menjalankan puasa setengah hari, waktunya buka puasa tiba. Rasullulah mengucapkan bacaan doa ketika pertama akan memasukkan makanan atau minuman tanda puasa dibatalkan. 

Buka Puasa Ramadhan adalah waktu diperbolehkan bagi umat muslim untuk menikmati makan dan minum setelah setengah hari menahannya.

Nabi Muhammad SAW menjadikan momen berbuka sebagai bentuk komitmen pengungkapan rasa syukur.

Hal tersebut tampak dari bacaan yang dibaca oleh Rasullulah ketika pertama akan memasukkan makanan atau minuman guna membatalkan puasanya.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

"Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ".

“Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Adapun adab atau urutan berbuka menurut riwayat tersebut ialah:

1. Membaca basmalah sebelum minum atau makan kurma.

2. Mulai berbuka puasa.

Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Yoseph Hary W
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved