Breaking News:

Cara Mengajarkan Puasa pada Anak di Usia Dini

Momen Ramadan dapat digunakan para orangtua untuk mengajarkan anaknya berlatih puasa di usia dini.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
ibtimes.com
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Momen Ramadan dapat digunakan para orangtua untuk mengajarkan anaknya berlatih puasa di usia dini.

Kepala Center for Public Mental Health Fakultas Psikologi UGM, Diana Setiyawati mengatakan cara mengajarkan anak untuk berpuasa di usia dini dapat dilakukan dengan memberikan memori yang indah mengenai Ramadan, mengajak anak untuk sahur, diperkenalkan dengan diskusi dan memberikan reward atau penghargaan.

Memberikan memori yang indah mengenai Ramadan sejak kecil kepada anak dapat ditanamkan dengan kecintaannya terhadap Ramadan.

Para orangtua bisa mengajak anaknya ke acara atau event-event yang menyenangkan.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

"Dengan mengajak anak ke acara atau event yang menyenangkan seperti mengajak berbuka puasa bersama, iftikaf di masjid, mengajak salat Tarawih atau acara-acara lain yang menyenangkan akan membuat anak merindukan momen seperti itu. Dengan begitu akan memberikan kenangan yang spesial kepada anak dan mereka dapat mengingat momen tersebut dengan baik,"ujar Diana.

Dengan begitu, orangtua dapat mengenalkan dan melatih anak jika kelak sudah baligh akan terbiasa atau tertraining.

"Teman saya seorang profesor di Amerika bilang pada anak saya, saya tidak bisa puasa menahan lapar dan haus seperti kamu karena saya tidak di training sejak kecil sepertimu. Jadi memberikan training anak sejak usia dini juga penting,"ucap Diana.

Setelah itu, para orangtua dapat mengajak anaknya dari kecil untuk sahur dan buka puasa bersama walaupun usianya belum mencukupi sehingga anak akan familiar dengan hal tersebut.

Selanjutnya orangtua dapat memperkenalkan anaknya dengan suatu diskusi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved