Lifestyle

Mengatasi Kecemasan Saat Mengisolasi Diri di Tengah Isu Corona

Diana Setiyawati, Kepala Centre for Public Mental Health Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada mengatakan, reaksi psikis umum yang akan dialami s

Mengatasi Kecemasan Saat Mengisolasi Diri di Tengah Isu Corona
Istimewa
GEMBIRA-Seorang siswa PAUD melakukan pembelajaran secara daring dengan hati senang. Hal ini bisa dicapai dengan dukungan yang kuat dari orang tua 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Dengan masuknya wabah Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan semua kegiatan di rumah. Ini dikenal juga dengan istilah isolasi diri.

Melakukan isolasi diri dalam jangka waktu tertentu bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.

Diana Setiyawati, Kepala Centre for Public Mental Health Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada mengatakan, reaksi psikis umum yang akan dialami saat seseorang mengisolasi diri adalah bosan, cemas, khawatir, gelisah, serta frustasi akibat ketidakpastian situasi yang dihadapi.

Menurut Diana, hal itu bisa muncul jika seseorang terlalu berfokus pada pikiran-pikiran negatif.

“Berpikir negatif akan membuat kita takut dan cemas. Berpikir positif akan membuat kita menjadi tenang dan kalem. Jadi sesungguhnya, cara mengatasi kecemasan adalah dengan berpikir positif,” ujar Diana saat dihubungi Tribun Jogja, Kamis (26/3/2020).

Agar Tak Kehabisan Uang di Masa Isolasi, Begini Triknya

Nah, lanjut Diana, pikiran positif itu bisa didapatkan jika kita mendapat informasi yang jelas dan tepat.

Oleh sebab itu, Diana menganjurkan beberapa hal untuk dilakukan kepada orang yang mengalami kebosanan, kecemasan, atau sampai pada frustasi saat melakukan karantina diri.

“Pertama-tama, dia harus mengenali perasaan yang sedang dialami tersebut,” tutur dosen Fakultas Psikologi UGM ini.

Berikutnya, Dia mengatakan, orang tersebut sebaiknya mencoba mencari informasi-informasi yang jelas. Jika perlu, berbicara dengan ahlinya.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved