Gunungkidul

UNBK SMA Tetap Terlaksana, Sekolah Lakukan Berbagai Persiapan

Meski kegiatan belajar mengajar (KBM) saat ini dialihkan ke rumah, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dipastikan tetap dilakukan.

Tribunjogja.com | Bramsto Adhy
Ilustrasi UNBK 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Meski kegiatan belajar mengajar (KBM) saat ini dialihkan ke rumah, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dipastikan tetap dilakukan.

Kebijakan pun dibuat agar calon peserta tetap siap menghadapi ujian.

Salah satu sekolah yang sudah melakukan persiapan adalah SMA Negeri 1 Playen. Seluruh pelajar kelas XII tetap mendapatkan materi dan interaksi dengan guru secara dalam jaringan (daring).

"Pelajar tetap mendapatkan materi dan soal-soal latihan dari para guru untuk persiapan UNBK," kata Kepala SMAN 1 Playen, Aji Pramono dihubungi pada Senin (23/03/2020).

Balai Dikmen Gunungkidul Pastikan UNBK SMA Tetap Terlaksana

Aji mengatakan seluruh guru diupayakan tetap berada di sekolah, untuk memastikan proses pembelajaran daring tetap berjalan optimal.

Selain persiapan materi ujian, Aji mengatakan pihaknya juga mengupayakan kebersihan dari ruang yang digunakan untuk ujian pada 30 Maret hingga 2 April nanti.

Sterilisasi dilakukan dengan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh lingkungan sekolah, terutama seluruh peralatan yang digunakan untuk ujian nantinya. Fasilitas cuci tangan lengkap dengan sabun pun turut disediakan.

"Kami juga mengimbau para peserta saat hadir nanti mengenakan masker selama proses ujian dilakukan," ujar Aji.

Sebelumnya Kepala Balai Dikmen Gunungkidul Sangkin memastikan UNBK SMA tetap terlaksana namun dengan berbagai persiapan khusus.

Disdikpora DIY: UNBK jenjang SMA/MA Tetap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

Mengikuti imbauan Disdikpora DIY, Sangkin mengimbau seluruh sekolah melakukan pembersihan ruang ujian baik sebelum dan sesudah tiap sesi ujian dilakukan.

Selain peralatan UNBK, sterilisasi juga diminta untuk dilakukan pada pegangan pintu, saklar lampu, kursi, meja, hingga alat tulis.

"Bagi peserta ujian juga diharapkan untuk tidak saling meminjamkan alat tulis," kata Sangkin.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved