Breaking News:

Sleman

Bawaslu Sleman Ajak Pemilih Pemula Pantau Pilkada 2020

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengajak pemilih pemula berpartisipasi aktif dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mengajak pemilih pemula berpartisipasi aktif dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Aktif di sini tak hanya mencoblos saat Pilkada berlangsung, namun turut memantau dan melaporkan jika ada pelanggaran pemilu.

Kordiv SDM dan organisasi Bawaslu Sleman Vici Herawati mengatakan, untuk ajakan ke arah sana, pihaknya akan melaksanakan program Bawaslu Goes To School yang mulai diadakan awal Maret ini.

Melalui kegiatan ini, Bawaslu Sleman mengajak pemilih pemula mau berpartisipasi aktif, menyukseskan pemilihan dari segala aspek.

Ajak Masyarakat Awasi Seleksi PPK, Bawaslu Sleman Buka Posko Aduan

Ia menilai, pemilih pemula bisa menjadi pengawas partisipasi bagi Bawaslu dengan melaporkan ke Bawaslu jika ada pelanggaran yang ditemui.

Generasi muda, atau biasa disebut milenial ini tentu akrab dengan gadget, maka dari itu ia berharap peran serta anak muda dalam mengisi pelaporan di aplikasi Gowaslu bila menemukan pelanggaran di lapangan.

"Paling tidak adik-adik muda kenal dengan hal-hal seperti ini. Jika lihat pelanggaran mau melaporkan membantu kami," ujarnya.

Adapun Gowaslu adalah aplikasi pemantauan dan pengawasan pemilu yang dapat diunduh secara gratis melalui playstore di android.

Sedangkan, kategori laporan pelanggaran dalam sistem Gowaslu ada empat yakni pelanggaran pada data pemilih, alat peraga kampanye, kampanye, dan politik uang.

Bawaslu Sleman Ingatkan Proses Seleksi PPK Pilkada Harus Sesuai Prosedur

Untuk melengkapi pelaporan, pelapor diminta untuk memberikan keterangan terkait tanggal dan waktu kejadian yang dilaporkan.

Selanjutnya deskripsi kejadian pelanggaran yang ditemukan dan dapat menyertakan dokumen foto sebagai barang bukti yang menunjang adanya indikasi pelanggaran.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved