Breaking News:

Kriminalitas

Polresta Yogya: Potensi Kejahatan Jalanan Masih Ada

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini mengatakan, potensi kejahatan jalanan atau yang biasa disebut klitih dinilai masih akan bisa terjadi meski b

TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Suasana diskusi kelompok terpimpin (DKT) Sat Binmas Polresta Yogyakarta dengan tema 'Menolak Kejahatan Jalanan Guna Membangun Karakter Generasi Muda Menuju SDM Unggul' Selasa (25/2/2020) di Polresta Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini mengatakan, potensi kejahatan jalanan atau yang biasa disebut klitih dinilai masih akan bisa terjadi meski belakangan insiden tersebut dapat ditekan.

Sejak kemunculan aksi brutal tersebut awal tahun ini, masyarakat resah hingga sempat membuat panik dan ketakutan bagi sejumlah elemen warga. Pasalnya, para pelaku cenderung memilih korban secara acak dan tidak pandang bulu.

Kejadian tersebut juga menyita banyak perhatian. Beberapa organisasi sipil serta pemerintah setempat berupaya mencari akar permasalahan hingga solusi yang tepat untuk memberantas kejahatan jalanan.

Kapolresta menyatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap kejahatan jalanan yang melibatkan pelajar.

Namun demikian, ia berharap antisipasi terhadap fenomena tersebut tidak hanya dilakukan kepolisian, namun juga melibatkan unsur masyarakat serta keluarga.

Antisipasi Klitih, Polsek di Kota Yogya Giatkan Operasi Ketertiban di Malam Hari

Hal itu dikemukakan Armaini dalam diskusi kelompok terpimpin (DKT) Sat Binmas Polresta Yogyakarta dengan tema 'Menolak Kejahatan Jalanan Guna Membangun Karakter Generasi Muda Menuju SDM Unggul' Selasa (25/2) di Polresta Yogyakarta.

Ikut dalam undangan sejumlah lintas organisasi masyarakat, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Balai Dikmen Kota Yogyakarta, beberapa perwakilan sekolah, anak didik, hingga sejumlah orang tua serta perwakilan guru.

Armaini menjelaskan, beberapa diskusi serupa juga telah digelar berbagai pihak.

Namun demikian, pada sesi kali ini pihaknya ingin kembali mengingatkan serta mencari formula yang tepat terkait penanganan kejahatan jalanan oleh pelajar.

"Potensinya masih ada serta perlu perhatian seluruh pihak untuk menekan serta memberikan perhatian terhadap permasalahan kejahatan jalanan dengan melibatkan pelajar. Sehingga kami perlu mendapat masukan serta menampung penanggulangan yang tepat untuk mengatasi kejahatan jalanan," ujarnya.

Soal Sanksi Kerja Sosial bagi Pelaku Klitih, Ini Kata Anggota DPRD Kota Yogyakarta

Halaman
123
Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved