Macam-macam Tindakan Medis yang Dilakukan Jika Wasir Sudah Sampai Pendarahan

Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk pasien penderita wasir. Salah satunya tindakan bedah jika wasir sudah sampai pendarahan

Macam-macam Tindakan Medis yang Dilakukan Jika Wasir Sudah Sampai Pendarahan
IST
Ilustrasi menahan buang angin 

Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan untuk pasien penderita wasir. Mulai dari pengobatan menggunakan salep hingga tindakan bedah untuk pasien wasir yang mengalami pendarahan.

Apa itu Wasir?

Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan dan radang yang terjadi pada rektum atau anus. Gejala khasnya adalah rasa sakit, gatal, dan bisa sampai pendarahan di sekitar area anus.

Perawatan dan pencegahannya seringkali melibatkan salep tanpa resep, bisa juga dengan perawatan rumah lainnya serta dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Namun jika Wasir tak kunjung sembuh, maka Anda diharuskan untuk berobat ke dokter, yang dalam beberapa kasus harus dilakukan operasi kecil.

Identifikasi Jenis Wasir

Sebelum dilakukan tindakan medis, maka akan dilakukan terlebih dahulu identifikasi jenis wasir yang diderita. Apakah itu wasir internal, atau termasuk ke dalam wasir eksternal.

Wasir internal terletak di dalam dubur dan biasanya tidak menyebabkan rasa tidak nyaman. Akan tetapi jenis wasir ini bisa menyebabkan pendarahan terutama ketika tinja melewati saluran yang rusak.

Kadang-kadang, mengejan juga dapat mendorong hemoroid internal melalui lubang anus yang menghasilkan wasir yang menonjol atau prolaps, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi.

Sementara itu Wasir luar berada di bawah kulit di sekitar anus. Ketika teriritasi, mereka bisa gatal atau berdarah.

Darah dapat terkumpul di dalam wasir eksternal dan membentuk gumpalan, yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan peradangan yang parah.

Tanda dan gejala wasir dapat meliputi:

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved