Kesehatan

Tips Mencegah Gigi Ngilu Sejak Dini

Merasakan gigi ngilu memang membuat kurang nyaman. Beberapa orang memiliki sebab yang berbeda ketika merasakan ngilu.

Tips Mencegah Gigi Ngilu Sejak Dini
parkavenuedentalgnv.com
parkavenuedentalgnv.com, Ilustrasi anak sakit gigi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Merasakan gigi ngilu memang membuat kurang nyaman. Beberapa orang memiliki sebab yang berbeda ketika merasakan ngilu.

Ada yang karena mengunyah buah yang bertekstur keras menjadi sebabnya, sementara yang lain karena mengunyah permen atau es juga bisa ngilu.

Murdiani adalah salah satunya. Pengalaman sewaktu kecil membuatnya banyak belajar.

Lantaran terbiasa makan makanan dengan tekstur cenderung lembut sejak kecil, kini Murdiani sering mengalami gigi ngilu. Menurut perempuan dua anak ini, penyebab ngilu pada giginya lantaran pertumbuhan giginya tak bagus.

Ia baru menyadari makanan bertekstur keras atau kasar juga diperlukan untuk merangsang pertumbuhan sel gigi sehingga gigi menjadi kuat.

Menyadari hal ini, Murdiani pun segera melakukan perawatan gigi sehingga bisa mengurangi rasa ngilu yang sering mendera.

"Kalau makan yang kres kres gitu langsung ngilu, sejak kecil ngga terbiasa jadi malah ngga bagus ternyata. Sekarang punya anak dua, sudah kulatih sejak umur 2 tahun makan makanan bertekstur kasar seperti kerupuk khusus balita supaya pertumbuhan giginya bagus," kata perempuan yang berkecimpung di dunia marketing ini.

Wabah Virus Corona: Kelelawar Hingga Trenggiling, Siapa yang Menyebarkan?

Kisah Perempuan China Selamat dari Pemerkosaan karena Pura-pura Terjangkit Virus Corona

Lain halnya dengan Titin, perempuan dua anak yang menjadi seorang pengajar ini mengalami ngilu ketika ia mengkonsumsi makanan dingin. Hal ini sudah ia alami sejak remaja.

Semenjak saat itu, Titin rajin melakukan perawatan untuk mengurangi rasa ngilu yang datang tersebut.

"Sekarang sudah lumayan, masih terasa ngilu tapi ngga seperti dulu. Aku coba memakai pasta gigi yang bisa mengurangi rasa ngilu, terus rajin melakukan perawatan ke dokter gigi minimal 3 bulan sekali," ungkap Titin.

Halaman
123
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved