Tips Merawat Vespa Agar Tidak Rewel

Walaupun perawatannya terbilang susah namun tidak menjadikan Vespa sepi peminat.

Editor: Rina Eviana
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Deretan Vespa seken lawas yang dijajakan di sebuah showroom motor bekas di Yogyakarta. 

Tips Merawat Vespa Agar Tidak Rewel

TRIBUNJOGJA.COM - Pamor Vespa hingga kini masih bersinar di Tanah Air. Seri lama maupun baru masih punya tempat di hati para penggemar Vespa di Indonesia.

Skuter ikonis asal Italia ini memang selalu mendapat perhatian khusus para konsumen otomotif.

Walaupun perawatannya terbilang susah namun tidak menjadikan Vespa sepi peminat.

Vespa Bajaj Classic SL
Vespa Bajaj Classic SL (TRIBUNJOGJA.COM / Yudha Kristiawan)

Salah satu masalah yang paling umum terjadi adalah sering tiba-tiba mogok di jalan, namun hal itu sebenarnya tidak akan terjadi jika perawatan yang dilakukan benar dan tepat.

Tips Merawat Vespa Baru

Yudha Ariftian selaku owner dan kepala bengkel OS Vintage Autoservice mengatakan yang paling utama dalam merawat motor Vespa adalah servis harus dilakukan secara rutin dan tepat.

“Kadang pengguna Vespa ada yang belum paham bagaimana cara merawat Vespanya dengan benar, makanya banyak yang ngeluh kalo Vespa itu sering rewel dan jajannya banyak,” ujar Yudha kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

PT Piaggio Indonesia memudahkan para pelanggan untuk mengakses produk berkualitas premium ala Italia melalui diler resmi Kharisma Motor Yogyakarta, dengan menggelar pameran dan penawaran eksklusif untuk produk  Piaggio dan Vespa di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta selama periode 25–30 September 2019.
PT Piaggio Indonesia memudahkan para pelanggan untuk mengakses produk berkualitas premium ala Italia melalui diler resmi Kharisma Motor Yogyakarta, dengan menggelar pameran dan penawaran eksklusif untuk produk Piaggio dan Vespa di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta selama periode 25–30 September 2019. (Istimewa)

Selain itu pemilihan oli juga paling berpengaruh dalam perawatan Vespa. Karena biasanya oli Vespa berbeda dengan oli skutik atau motor biasa.

Harga dan Spesifikasi Vespa PTS 100 Buruan Kolektor, Si Kecil Cabe Rawit

“Vespa itu beda dengan motor Jepang, kalau mau servis dan ganti oli usahakan di bengkel yang memang khusus Vespa bukan bengkel motor Jepang. Karena rata-rata bengkel jepang tidak menyediakan oli yang sesuai dengan SAE (Sociaty of Automotive Engineers) Vespa,” kata Yudha.

Vespa Super 66 Restorasi dengan tambahan part di beberapa bagian.
Vespa Super 66 Restorasi dengan tambahan part di beberapa bagian. (Tribun Jogja/ Hamim Thohari)

Khusus untuk Vespa modern ada dua jenis kekentalan oli mesin yang direkomendasikan dan bisa digunakan, yaitu SAE 5W-40 dan SAE 10W-40.

Perlu diperhatikan juga untuk pergantian pelumas Vespa yang sangat dianjurkan tidak telat atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Yudha menambahkan jika ingin perawatan yang tepat dan Vespa terus bekerja secara optimal sebaiknya langsung dibawa ke bengkel khusus Vespa yang benar-benar menyediakan part khusus, sehingga tidak akan ada kesalahan yang bisa menimbulkan kerusakan pada mesin.(Kompas.com)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved