Kulon Progo

PKH Kulon Progo Tanam Ratusan Bibit Pohon untuk Cegah Abrasi

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, dengan menanam berbagai jenis tanaman pencegah abrasi diantaranya p

PKH Kulon Progo Tanam Ratusan Bibit Pohon untuk Cegah Abrasi
TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
Kegiatan penanaman ratusan bibit pohon pencegah abrasi yang dilaksanakan oleh PKH Kulon Progo 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Ratusan bibit pohon, Kamis (16/1/2020) ditanam di sekitar bibir pantai di wilayah Ring I, Bugel, Panjatan Kulon Progo.

Penanaman bibit pohon ini dikemas dalam kegiatan bertajuk 'Selamatkan Pantai dari Abrasi'.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, dengan menanam berbagai jenis tanaman pencegah abrasi diantaranya pohon cemara udang, pandan laut, rumput spinifex dan krangkung laut.

Selain itu, juga merupakan tindak lanjut dari fenomena abrasi yang terjadi dilokasi ini, yang saat ini membuat bibir Pantai semakin mendekati pemukiman warga.

Abrasi di Pantai Selatan, BPBD Bantul Sebut Perlu Revitalisasi Sabuk Hijau

Lebih parahnya lagi, di lokasi ini juga pernah dilanda gelombang rob yang menyebabkan air masuk sampai ke pemukiman warga.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo, Yohanes Irianta, yang juga selaku Koordinator kegiatan ini menyampaikan bahwa hal ini terjadi karena tidak ada tanaman berupa pohon yang menahan ombak bila terjadi air pasang.

"Wilayah Ring I Bugel,ini dihuni oleh sekitar 100 warga dan 52 diantaranya adalah peserta Program Keluarga Harapan (PKH)," katanya.

Lanjutnya, kelompok PKH dan warga pun sudah sering berdiskusi dengan pendamping PKH mengenai permasalahan lingkungan yang sedang mereka alami.

"Selanjutnya Pendamping PKH menggandeng komunitas Lindungi Hutan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Kelautan untuk merealsasikan maksud diatas," tuturnya.

Beton Tanggul Pemecah Ombak Pantai Glagah Miring Kena Abrasi

Halaman
12
Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved