Breaking News:

Pilkada Sleman

KPU Sleman Buka Pendaftaran PPK, Berikut Jadwal dan Syaratnya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2020 mulai 18-24 Januari.

TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi 

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2020 mulai 18-24 Januari.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi menjelaskan, bahwa proses seleksi PPK ini untuk menghasilkan penyelenggara pemilihan yang memiliki kompetensi, integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil untuk melaksanakan seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil  Bupati Sleman Tahun 2020.

Adapun pada 18 Januari 2020 bertepatan dengan hari Sabtu, namun KPU Kabupaten Sleman akan tetap membuka layanan penerimaan berkas pada hari Sabtu dan Minggu tersebut.

"Tidak ada pungutan dalam proses seleksi PPK. Apabila ada pihak-pihak yang menawarkan dan menjanjikan sesuatu dengan meminta suatu imbalan maka masyarakat dihimbau untuk tidak mengindahkan tawaran tersebut," ucapnya Rabu (15/1/2020).

Cegah Pelanggaran, Warga Diminta Ikut Mengawasi Kinerja KPU Sleman

KPU Sleman Syaratkan PPK Pilkada 2020 Bebas dari Afiliasi Politik

Sesuai aturan PKPU No.3/2017, anggota PPK tidak boleh berasal dari partai politik (parpol), atau minimal lima tahun sebelumnya sudah tidak lagi sebagai anggota parpol.

Menurut Trapsi, syarat ini diberlakukan untuk menghindari kepentingan bersifat politis dalam proses Pilkada nantinya.

Sebab dikhawatirkan ada kepentingan tertentu yang berpotensi mengganggu prosesnya. Anggota PPK diharapkan memiliki integritas yang kuat dan kualitas akan kemandirian.

Selain itu, harapannya PPK memahami teknologi informasi, karena sesuai instruksi KPU RI, Pilkada nanti akan menerapkan sistem e-Rekapitulasi.

Kabupaten Sleman sendiri membutuhkan setidaknya 85 PPK untuk 17 kecamatan. Masing-masing kecamatan terdiri atas 5 orang PPK. (Tribunjogja/Santo Ari)

Penulis: Santo Ari
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved