Kalangan DPRD Kota Magelang Dorong Regulasi Untuk Lindungi THL

Kalangan DPRD Kota Magelang Dorong Regulasi Untuk Lindungi Tenaga Harian Lepas

Kalangan DPRD Kota Magelang Dorong Regulasi Untuk Lindungi THL
Istimewa
Rapat Paripurna DPRD Kota Magelang Keenam Masa Persidangan Kesatu Tahun Sidang 2019 dengan acara Penyampaian Raperda tentang APBD Tahun 2020, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Fraksi Demokrat mendorong Pemerintah Kota Magelang menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) terkait pengaturan Tenaga Harian Lepas (THL). Pasalnya, jumlah THL sudah terlampau banyak.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Magelang, Waluyo. Ia mengatakan, perlunya peraturan yang mengatur THL di Kota Magelang.

Peraturan tersebut akan dapat memberi perlindungan bagi para tenaga harian lepas tersebut.

"Kami berharap ada regulasi yang dapat memberi perlindungan kepada para THL, baik segi pendapatan maupun jaminan kesehatannya,” ujar Waluyo, Selasa (14/1/2020).

Dikatakannya, peraturan tersebut nanti akan dapat mengatur tentang mekanisme pengangkatan THL, hak dan kewajiban THL, dan hal-hal penting lain.

Sigit Widyonindito Pastikan Tak Ada Dikotomi Pendidikan di Kota Magelang

Disperindag Sebut Kenaikan Harga Cabai di Kota Magelang Tak Terlalu Berpengaruh

Peraturan mesti sinkron dengan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, karen THL juga tenaga kerja.

Waluyo mengatakan, peraturan juga dapat mengatur tentang hak para THL. Seperti hak cuti melahirkan bagi THL perempuan, sehingga tidak ada kesenjangan terhadap mereka.

“Jika cuti melahirkan, manakala tidak diatur dalam perjanjian kerja, maka harus berdasar pada peraturan perundang-undangan yakni harus dilindungi, dan berhak mendapat gaji. Pasal 82, pasal 84 dan 85 dalam UU ketenagakerjaan sudah jelas, tegas,” ucapnya.

Dikatakan Waluyo, THL sama seperti pekerja atau tenaga kerja lain yang bekerja secara penuh di Pemkot Magelang, oleh karena itu seluruh hak yang dimiliki pekerja dapat dipenuhi.

"Kami memastikan, usulan regulasi ini akan disampaikan kepada Pemkot agar bisa segera dibuat pertimbangan tentang THL," katanya.(Tribunjogja/Rendika Ferri Kurniawan)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved