Pendidikan

Drone Otonom, Inovasi Sistem Pembasmi Hama Tanaman Karya Peneliti FMIPA UGM

Peneliti FMIPA UGM mengembangkan inovasi sistem pembasmi hama dan penyakit tanaman melalui udara dengan memanfaatkan pesawat tanpa awak (drone) secara

Drone Otonom, Inovasi Sistem Pembasmi Hama Tanaman Karya Peneliti FMIPA UGM
IST
Peneliti FMIPA UGM mengembangkan inovasi sistem pembasmi hama dan penyakit tanaman melalui udara dengan memanfaatkan pesawat tanpa awak (drone) secara otonom 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Peneliti FMIPA UGM mengembangkan inovasi sistem pembasmi hama dan penyakit tanaman melalui udara dengan memanfaatkan pesawat tanpa awak (drone) secara otonom.

Sistem pembasmi hama dan tanaman penyakit ini menggunakan edrone yaitu modul flight controller untuk drone yang dibuat secara mandiri dengan kemampuan terbang secara autonomus.

Pengembang Inovasi Sistem Pembasmi Hama, Andi Dharmawan mengatakan serangan hama dan penyakit tanaman merupakan masalah yang kerap dihadapai petani di tanah air. 

"Hal itu mengakibatkan penurunan hasil pertanian dan perkebunan yang dapat mengancam ketahanan pangan di Indonesia," ujarnya Kamis (9/1/2020).

Drone Gamaforce UGM Berpeluang Mampu Petakan Kawasan Karhutla

Sementara itu, penanganan hama dan penyakit tanaman tidak bisa dilakukan dengan cepat akibat lahan yang cukup luas dan tersebar.

Oleh sebab itu dia bersama tim peneliti lainnya dari Program Studi Elektronika dan Instrumentasi Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA mengembangkan inovasi untuk mengatasi persoalan tersebut.

Andi mengatakan sistem dikembangkan dengan memakai pesawat tanpa awak (UAV) berjenis fixed wing. 

UAV ini dilengkapi dengan komponen elektronik seperti motor brushless, motor servo, GPS, telemetri, baterai, dan IMU6 DOF.

Sedangkan secara mekanik dilengkapi dengan propeler 13” , maxiumum take of weight sbesar 4 kg, serta bodi dan saya dibuat dari hardfoam.

Seperti Ini Kecanggihan Drone Ashwincarra Karya Tim Gamaforce UGM, Mampu Terbang Hingga 150 km/jam

Selain itu dilengkapi pula dengan sebuah  flight controller yang merupakan metode kendali Linear Quadratic Regulator (LQR).

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved