Bisnis

Awal Januari 2020, Harga Tiket Pesawat Belum Turun

Kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi pada awal Januari 2019 berdampak signifikan terhadap agen perjalanan di Yogyakarta.

Awal Januari 2020, Harga Tiket Pesawat Belum Turun
IST
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi pada awal Januari 2019 berdampak signifikan terhadap agen perjalanan di Yogyakarta yang juga menjual tiket pesawat.

Pemilik Total Nusa Tour and Travel, Hery Setyawan mengatakan harga tiket pesawat domestik hingga saat ini belum ada tanda-tanda penurunan harga.

"Tapi kalau harga dari Desember ke Januari jelas turun ya, karena dari musim ramai ke sepi jelas ada penurunan tapi tidak signifikan," ujarnya kepada Tribunjogja.com, Selasa (7/1/2020).

Ia mencontohkan, untuk rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta pada hari biasa, harga tiket yang dijual beragam maskapai mulai dari Rp 300-400 ribu hingga jutaan.

Turun 15 Persen, Jumlah Penumpang Bandara Adisutjipto Capai 7,1 Juta di 2019

Ia menjelaskan bahwa pembeli memang harus jeli melihat harga.

Mereka harus meneliti kembali apakah harga murah yang ditawarkan sudah termasuk bagasi atau belum.

"Karena ada satu maskapai yang tanpa bagasi. Tiketnya terlihat murah, tapi harus bayar lagi untuk bagasi bisa nambah RP 100-200ribu, jadi tetap mahal," urainya.

Hery mengatakan, dibandingkan tahun 2018, tiket pesawat tahun 2019 hingga awal 2020 ini masih lebih mahal.

"Padahal kalau kita lihat dolar nilainya menurun. Misalkan dibandingkan dengan kurs asing karena sparepart pesawat menggunakan dolar, harusnya turun," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved