Humas Grobogan Studi Referensi ke Humas Klaten

Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan mengadakan studi referensi di Bagian Humas Setda Klaten

Humas Grobogan Studi Referensi ke Humas Klaten
Dok. Pemkab Klaten
Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan mengadakan studi referensi di Bagian Humas Setda Klaten yang diadakan di Ruang B1 Pemkab Klaten, Jumat (3/1/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan mengadakan studi referensi di Bagian Humas Setda Klaten yang diadakan di Ruang B1 Pemkab Klaten, Jumat (3/1/2020).

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Grobogan, Teguh Harjokusumo, selaku pimpinan rombongan diterima Kabag Humas Klaten Wahyudi Martono beserta jajarannya.

"Studi referensi ini terkait tugas pokok Bagian Humas baik yang menyangkut keprotokolan, peningkatan kapasitas pelayanan kehumasan dan jalinan kerjasama antara pemerintah kabupaten dengan media massa. Kemudian juga implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 56 Tahun 2019 dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 yang mengisyaratkan Bagian Humas akan diganti dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan," ungkap Teguh Harjokusumo.

Dikatakan, Pemkab Grobogan sekitar tanggal 8 Januari 2020 akan menerapkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru dengan merubah Bagian Humas menjadi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan yang akan ditandai dengan pelantikan pejabat pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Meskipun begitu tugas dan wewenang pada SOTK yang baru tidak jauh berbeda dengan Bagian Humas yang saat ini masih ada.

Dikatakan, saat ini Bagian Humas Kabupaten Grobogan memiliki Kepala Sub Bagian masing-masing Kasubag Humas dijabat Mulyoto, Kasubag Protokol dijabat Mundri’ah dan Kasubag PPI dan PP dijabat Anis Sudaryanto.

Ketiga Kasubag tersebut semua ikut pada acara studi referensi di Bagian Humas Pemkab Klaten. Saat ini ada 42 media yang terdaftar di Bagian Humas Kabupaten Grobogan dengan perincian 32 media cetak dan media online, 5 media radio dan 5 media televisi.

Sementara itu Kabag Humas Kabupaten Klaten, Wahyudi Martono, mengucapkan terimakasih kepada Bagian Humas Grobogan yang mengadakan kunjungan ke Klaten.

Tentang pelaksanaan Permendagri Nomor 56 Tahun 2019 dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019, Kabupaten Grobogan selanglah lebih maju karena Bagian Humas segera diganti dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Tentang kegiatan Humas Klaten, kata Wahyudi Martono, Bagian Humas ada tiga sub bagian masing-masing Bagian Protokol, Bagian Pembinaan Informasi dan Publikasi dan Kasubag Analisis dan Kemitraan Media.

"Bagian Humas saat ini masih mengelola Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) RSPD Klaten dan menjalin kemitraan yang baik dengan semua media baik yang sudah terverifikasi Dewan Pers maupun yang belum terverifikasi oleh Dewan Pers dan melakukan pembinaan media agar semua media di Klaten nantinya semua terverifikasi oleh Dewan Pers," ujarnya. (*)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved