Jawa

Kemenag Klaten Gelar Jalan Sehat untuk Kerukunan Antarumat Beragama

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-74 Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten menggelar Jalan Sehat Keruku

Kemenag Klaten Gelar Jalan Sehat untuk Kerukunan Antarumat Beragama
Dok Pemkab Klaten
Bupati Klaten Sri Mulyani mengikuti Jalan Sehat Kerukunan Antar Umat Beragama yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten Kamis (2/1/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-74 Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten menggelar Jalan Sehat Kerukunan Antar Umat Beragama, Kamis (2/1/2020).

Jalan Sehat mengambil lokasi start dan finish di Gedung Olah Raga (GOR) Klaten dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani sejumlah pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, Kakan Kemenag Anif Sholihin.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Klaten dan upaya dalam mewujudkan Kabupaten Klaten yang aman dan kondusif ," ujar Anif Sholikhin.

Pemkab Klaten Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan pada Tahun 2019

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan kegiatan jalan sehat ini dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-74 yang akan jatuh pada tanggal 3 Januari besok.

"Di Klaten saya tidak pernah mendapatkan laporan ada pergesekan antar umat beragama. Ini semua berkat sinergitas dari semua pihak yang berjalan baik," kata Sri Mulyani.

Masih menurut Sri Mulyani Klaten adalah kabupaten yang masyarakatnya memiliki budaya plural dan majemuk, baik dari sisi agama, ideologi politik, aliran ormas maupun golongan ras dan etnis.

"Dengan begitu maka Klaten mempunyai dua potensi yaitu sebagai perekat antar komunitas masyarakat, tetapi juga mengandung potensi konflik sebagai implikasi dari adanya perbedaan-perbedaan itu." ujarnya.

Dikatakan bahwa untuk mengeliminir potensi konflik tersebut maka perlu diwujudkan pola hubungan yang dialogis dan komunikatif antar pemeluk agama sehingga tercipta pola hubungan yang harmonis antar umat beragama, ras, maupun etnis yang akan berdampak pada penguatan masyarakat dalam membangun masyarakat Klaten yang maju, mandiri, dan berdaya saing.

Tahun Baru 1 Januari 2020, Bupati Klaten Kunjungi Kampung Terisolir di Lereng Merapi

"Kami sangat berharap agar setiap kegiatan yang diadakan selalu diselipkan pesan-pesan penting untuk saling menjaga kerukunan antar umat beragama, terima kasih atas kebersamaan yang telah kita rajut selama ini, mari kita jaga situasi yang sudah sangat kondusif ini agar semakin meningkatkan kerukunan dan keutuhan diantara masyarakat Klaten," ujar Sri Mulyani.

Senada dengan Sri Mulyani Ketua FKUB Kabupaten Klaten Syamsuddin Asyrofi menyambut baik jalan sehat Kerukunan antar umat beragama dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke 74 Kemenag.

"Mari kita jaga kerukunan antar umat beragama di Klaten ini dalam upaya mewujudkan Kabupaten Klaten yang aman, sejahtera, maju, mandiri, dan berdaya saing " ujar Syamsuddin Asyrofi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Victor Mahrizal
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved