Kpop

Konser di Seoul, BTS Berikan Dampak Ekonomi Senilai USD 796 Juta

Profesor Universitas Korea sebelumnya memperkirakan dampak ekonomi dari pertemuan penggemar BTS pada 2019. Kali ini, Profesor Pyun Joo Hyun kembali

Konser di Seoul, BTS Berikan Dampak Ekonomi Senilai USD 796 Juta
edaily.co.kr
Konser di Seoul, BTS Berikan Dampak Ekonomi Senilai USD 796 Juta 

TRIBUNJOGJA.COM - Profesor Universitas Korea sebelumnya memperkirakan dampak ekonomi dari pertemuan penggemar BTS pada 2019. Kali ini, Profesor Pyun Joo Hyun kembali dengan penelitian ekonomi terkait dampak tur dunia BTS yang dapat mempengaruhi perekonomian Korea Selatan.

Tur grup BTS berlangsung selama enam bulan mulai dari Mei 2019 yang diadakan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Timur Tengah. 

Dilansir dari edaily, menurut penelitian Profesor Pyun Joo Hyun, konser final BTS yang digelar di Seoul memiliki dampak ekonomi sebesar 331 miliar won (sekitar $ 286 juta) dan dampak tidak langsung dari 592 miliar won (sekitar $ 511) juta). 

BTS Isi Acara Tahun Baru di ‘Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve, Absen lagi di Korea MBC Gayo Daejejun
BTS Isi Acara Tahun Baru di ‘Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve, Absen lagi di Korea MBC Gayo Daejejun (forbes)

Total dampak langsung dan tidak langsung dari konser itu adalah 923 miliar won (sekitar $ 796 juta), hampir mencapai 1 triliun won.

Sementara itu, untuk dampak setelah konser, memberikan efek yang besar bagi boyband naungan Big Hit Entertainment sebesar 266 miliar won (sekitar $ 230 juta) dan dampak tidak langsung sebesar 328 miliar won (sekitar $ 283 juta) untuk lima tahun ke depan.

"Jika Anda membandingkannya dengan rata-rata penjualan selama tiga tahun, yaitu sekitar 150 miliar won (sekitar $ 129 juta), dampak ekonomi yang diciptakan BTS dengan hanya tiga hari konser adalah jumlah penjualan tahunan enam perusahaan menengah,” jelas Tim Profesor.

Tim melanjutkan dengan mengatakan bahwa konser menarik sekitar 187.000 pengunjung asing ke negara itu, di antaranya sekitar 23.000 menghadiri konser, dan bahwa rata-rata 3 dari 10 pengunjung pergi ke Seoul. Ini menghasilkan sekitar 87.000 lebih banyak orang daripada rata-rata mengunjungi Korea pada tahun 2019.

BTS WORLD Menangkan Game Mobile Tahun Ini Di Golden Joystick Awards
BTS WORLD Menangkan Game Mobile Tahun Ini Di Golden Joystick Awards (cdnph.upi.com)

Ada beberapa efek ekonomi yang tidak terduga dari modal asing di Korea, juga. Karena dampak budaya BTS, Profesor Pyun Joo Hyun berkata, banyak orang asing ingin belajar atau bekerja di Korea. 

"Konten budaya berkualitas tinggi semacam ini dapat menarik wisatawan asing dalam jumlah yang sebanding dengan Olimpiade, dan berpotensi membuka bentuk baru layanan ekspor,” tambahnya

Di sisi lain, boyband Korea Selatan ini, telah ditunjuk sebagai duta merek global untuk ABB FIA Formula E Championship 2020.

Halaman
1234
Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved