Pendidikan

UGM Didik SDM Unggul Melalui Budaya Akademik Inovatif

UGM mendorong dan memfasilitasi model dan metode pengembangan muatan soft skills dalam kurikulum yang diwujudkan dalam berbagai metode.

UGM Didik SDM Unggul Melalui Budaya Akademik Inovatif
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Rektor UGM Panut Mulyono menyerahkan Anugerah Universitas Gadjah Mada kepada Hasto Wardoyo dan Murdijati Gardjito saat rapat terbuka UGM dalam rangka Lustrum ke-14 di Grha Sabha Permana, UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (19/12/2019). Dalam kesempatan tersbeut diberikan Anugerah Universitas Gadjah MAda kepada Hasto Wardoyo dan Murdijati Gardjito dan Anugerah Hamengku Buwono IX kepada Jusuh Kalla. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dunia global saat ini semakin dinamis dengan perubahan yang semakin cepat, massif, sulit diprediksi dan tantangan yang semakin beragam dan komplek di semua lini kehidupan.

Oleh sebab itu, diperlukan pemecahan masalah yang dilakukan secara inovatif, cepat, responsif, fleksibel, antisipatif dan adaptif terhadap perubahan dan disrupsi tidak terkecuali pada penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor UGM Panut Mulyono dalam puncak peringatan Dies ke-70 UGM yang berlangsung di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM pada Kamis (19/12/2019).

"Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan prioritas pembangunan dalam lima tahun mendatang, yaitu membangun sumber daya manusia unggul," ungkapnya.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo Menerima Anugerah UGM 2019

Dia mengatakan, saat ini telah terjadi perubahan paradigma yang besar dalam dunia pendidikan yang menjadi tantangan bersama seluruh stakeholders pendidikan.

Kebutuhan pengembangan karakter dalam kehidupan sosial mahasiswa dirancang dengan mengimplementasi soft skills.

Untuk itu UGM mendorong dan memfasilitasi model dan metode pengembangan muatan soft skills dalam kurikulum yang diwujudkan dalam berbagai metode.

"Sejak mulai masuk sebagai mahasiswa baru dalam Program Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) yang diintegrasikan dalam mata kuliah, kegiatan ekstra dan kokurikuler, kurikulum asrama di UGM Residence, program magang industri, hingga implementasinya di masyarakat melalui KKN-PPM," ujarnya.

Lanjutnya, keseimbangan hard skills dan soft skills harus didukung dengan penyediaan ruang aktivitas sosial oleh institusi pendidikan.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Hal ini supaya kehidupan mahasiswa di bidang akademik dan sosial juga berimbang.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved