Pendidikan

UII Dukung Artidjo Alkostar Sebagai Calon Anggota Dewan Pengawas KPK

UII mendukung mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar yang namanya masuk dalam daftar calon anggota Dewan Pengawas KPK.

UII Dukung Artidjo Alkostar Sebagai Calon Anggota Dewan Pengawas KPK
IST
Hakim Agung Artidjo Alkostar 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Universitas Islam Indonesia (UII) mendukung mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar yang namanya masuk dalam daftar calon anggota Dewan Pengawas KPK.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membocorkan sejumlah nama yang masuk ke dalam daftar calon anggota Dewan Pengawas KPK yakni mantan pimpinan KPK Taufiequerachman Ruki, Hakim Albertina Ho dan mantan Hakim Agung Mahkamah Agung Artidjo Alkostar.

Artidjo Alkostar merupakan mantan Dosen Hukum Pidana Fakultas Hukum UII

Rektor UII Fathul Wahid mengatakan, meski secara administratif telah pensiun, namun Artidjo Alkostar masih mengajar di Fakultas Hukum UII.

Menko Polhukam Mahfud MD Tanggapi Nama-nama yang Masuk Calon Dewan Pengawas KPK

Fathul menegaskan, pihak kampus mendukung keputusan yang diambil oleh Artidjo jika ia ditunjuk sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK.

"Kita dukung, cuma sepenuhnya kita serahkan kepada Pak Artidjo ya, karena Pak Artidjo musti banyak pertimbangan-pertimbangan lain yang kita belum tahu, tapi kalau Pak Artidjo bersedia dan itu bisa membantu untuk kebaikan bangsa ya kita dukung lah dari kampus," ujarnya usai menghadiri Penganugerahan Gelar Doctor Honoris Causa kepada Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada Rabu (18/12/2019).

Meski demikian, sebelumnya UII sempat menolak revisi RUU KPK.

Namun pihaknya tetap mendukung Artidjo jika diangkat menjadi Dewan Pengawas KPK.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

"Ya kalau Pak Artidjo berkenan, ya kita doakan. Mudah-mudahan bisa membantu karena proses kan juga masih panjang, inti nya adalah untuk kebaikan," kata dia.

Lanjutnya, UII saat ini tengah mengajukan Judicial Review terkait RUU KPK.

Dengan ditunjuknya Artidjo sebagai salah satu daftar calon anggota Dewan Pengawas KPK, Fathul menerangkan, hal tersebut tidak mempengaruhi proses Judicial Review.

"Untuk Judicial Review tetap jalan. Kalau itu kan personal. Kita sebagai warga UII kalau itu punya peluang untuk memperbaiki ya kita dukung, ya tapi yang menentukan Pak Artidjo," jelasnya. (TRIBUNJOGJA.COM

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved