Jawa

Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Center Kabupaten Magelang Resmi Dibuka

Gedung KUMKM akan digunakan sebagai pusat aktivitas pelatihan UKM, sekaligus Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang.

Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Center Kabupaten Magelang Resmi Dibuka
istimewa
Bupati Magelang, Zaenal Arifin dengan jajarannya meresmikan Gedung Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Magelang, Rabu (18/12/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Gedung Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kabupaten Magelang resmi dibuka pada Rabu (18/12/2019).

Gedung KUMKM tersebut akan digunakan sebagai pusat aktivitas pelatihan UKM, sekaligus Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang.

"Kami berharap dengan adanya Gedung KUMKM Center ini dapat menggali serta meningkatkan potensi UKM yang ada di Kabupaten Magelang dengan tujuan untuk menekan dan mengurangi angka kemiskinan," kata Zaenal, di sela peluncuran Gedung KUMKM Center Banyurojo, Mertoyudan, Magelang, Rabu (18/12/2019).

Angka Kemiskinan di Kabupaten Magelang Dua Strip di Atas Garis Merah

Keberadaan gedung ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat semaksimal mungkin.

Zaenal pun mendorong masyarakat bisa lebih mencintai dan meningkatkan kualitas produk-produk lokal.

Produk-produk lokal pun terus didorong sehingga dapat menembus pasar internasional.

"Produk-produk lokal ini sebenarnya warisan yang diturunkan secara turun menurun. Namun ini bisa menambah dan meningkatkan nilai ekonomi kita. Contohnya seperti kerajinan bambu, kerajinan batu, batik dan lain sebagainya," tuturnya.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Asfuri Muhsis, mengatakan, pembangunan Gedung KUMKM Center Banyurojo dilaksanakan secara bertahap. Pembangunan gedung sudah berlangsung sejak tahun 2016 dengan anggaran sebesar Rp 4,9 miliar.

Ia mengatakan selain sebagai kantor sekretariat Dekranasda, gedung ini diharapkan dapat menjadi tempat pusat pelatihan dan pembinaan UKM di Kabupaten Magelang.

"Gedung ini sebagai sarana edukasi bagi teman-teman UKM. Ada aulanya, ruang khusus untuk pelatihan UKM, ruang display, kemudian ada tempat-tempat untuk pameran produk-produk asli daerah dan lain sebagainya. Ini semua juga sudah sesuai dengan visi misi Bupati, yakni, mewujudkan masyarakat yang sejahtera, berdaya saing, dan amanah" papar Asfuri. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved