Kota Yogyakarta

Area Khusus Merokok di Kawasan Malioboro Yogyakarta Akan Segera Dilaksanakan

Beberapa waktu lalu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta telah menetapkan lima area khusus merokok (smoking area) di sepanjang Jalan

Area Khusus Merokok di Kawasan Malioboro Yogyakarta Akan Segera Dilaksanakan
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Ilustrasi: Lima spot khusus untuk merokok di Malioboro, Rabu (13/11/2019). 

Laporan reporter tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Beberapa waktu lalu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta telah menetapkan lima area khusus merokok (smoking area) di sepanjang Jalan Malioboro.

Pengadaan area khsus merokok ini menjadi salah satu bagian untuk mendukung pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok di sepanjang Malioboro.

Kepala Satpol PP Kota Yogya, Agus Winarto mengatakan, pembatasan ruang merokok, bukan berarti perokok tidak boleh merokok di Malioboro.

CATAT! Ini 5 Area Khusus Merokok di Kawasan Malioboro Yogyakarta

Kepada Tribunjogja.com, Agus Winarto menyampaikan bahwa area khusus merokok ini akan segera dilaksanakan.

"Jadi harapannya secepatnya kita akan menerapkan area khusus merokok ini, diharapkan musim liburan Natal dan Tahun Baru besok sudah dapat berjalan," katanya, Rabu (18/12/2019).

Guna mendukung kawasan khusus merokok ini, lanjut Agus, akan dipasang asbak besar di sekitar lokasi khusus tersebut.

"Kita juga akan melakukan sosialisasi baik itu melalui selebaran dan petugas yang ditempatkan di area tersebut. Selain itu kita juga berkerjasama dengan UPT Malioboro, asita dan lainnya untuk membantu sosialisasi kawasan khsus merokok ini," tuturnya.

Satpol PP Kota Yogya Tetapkan 5 Spot Merokok di Malioboro

Di sisi lain Agus juga memaparkan bahwa masih ada konsep-konsep lain ke depannya khususnya bagi para perokok yang mengunjungi kawasan Malioboro.

"Rencananya kita akan menghimbau kepada pemilik usaha untuk menyediakan ruang khusus merokok juga seperti di mall itu. Tapi itu jangka panjang karena butuh persiapan," tuturnya.

Sebelumnya, lima titik khusus untuk merokok tersebut yakni di seputaran hotel Grand Inna Malioboro, DPRD DIY, Mal Malioboro, sebelah barat Pemda DIY (kompleks Kepatihan) dan di depan Pasar Sore Malioboro.

"Sementara ini ada lima titik yang menjadi spot merokok. Masih bisa bergeser, tetapi sementara ini kami tetapkan lima titik itu,"sambungnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved