Bantul

Jelang Libur Nataru 2020, Pemkab Bantul Antisipasi Kepadatan Pantai Parangtritis

Pemkab Bantul berupaya mengantisipasi kepadatan Pantai Parangtritis saat libur natal dan tahun baru 2020.

Jelang Libur Nataru 2020, Pemkab Bantul Antisipasi Kepadatan Pantai Parangtritis
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berupaya mengantisipasi kepadatan Pantai Parangtritis saat libur natal dan tahun baru 2020.

Pasalnya, Pantai Parangtritis selama ini masih menjadi primadona utama, bagi para wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengataskan, satu dari beberapa upaya yang ditempuh yaitu menggelar event, maupun atraksi, di destinasi lain.

Dengan begitu konsentrasi masa pun terpecah dan tak hanya fokus di Pantai Parangtritis.

Lebarkan Jalan Cinomati, Pemkab Bantul Gelontorkan Rp 30 Miliar

"Nanti, tanggal 10 saat rapat koordinasi kita putuskan. Kalau pantai selatan terlalu padat, atraksi-atraksi akan kita tarik ke tempat lain, misal di Gumuk Pasir, atau Laguna Depok," katanya, Jumat (6/12/2019).

Di samping kedua destinasi wisata tersebut, pihaknya juga menyiapkan Pantai Goa Cemara dan Pantai Baru, untuk memecah konsentrasi masa dengan menggelar agenda menarik.

Menurutnya, wisatawan harus benar-benar menikmati masa liburan di Bantul.

"Ya, ini kan upaya kami untuk mengurangi kepadatan Parangtritis, agar wisatawan mendapat keleluasaan, lebih rileks, santai dan menikmati liburannya, bukan malah penat karena terlalu penuh," ucapnya.

Selain itu, Kwintarto berujar, selain objek di sekitaran pantai, beberapa destinasi layaknya Mangunan, Hutan Pinus, hingga deretan desa wisata pun mulai berbenah menyambut libur akhir tahun.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Sehingga, wisatawan memiliki banyak opsi kunjungan di Bantul.

"Apalagi, ada destinasi baru ya, seperti di Pintu Langit, Seribu Batu, Puncak Sosok, Kebon Pring, atau Gunung Wangi, saya rasa itu prospektif," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya pun mematok target lonjakan wisatawan selama masa libur nataru mendatang bisa mencapai 500 ribu wisatawan, dengan peningkatan retribusi sekitar Rp 250-300 juta.

Dengan begitu, perputran uang di Bantul pun akan turut terkerek.

"Jadi, itu target peningkatan kami selama masa liburan nataru ya, dari 24 Desember, sampai awal tahun baru 2020 nanti," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved