Yogyakarta

Ke Yogyakarta, Putri Mahkota Kerajaan Denmark Kunjungi Puskesmas dan KUA

Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Yogyakarta, Rabu (4/12/2019).

Ke Yogyakarta, Putri Mahkota Kerajaan Denmark Kunjungi Puskesmas dan KUA
Istimewa
Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson saat berkunjung ke Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta, Rabu (4/12/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Yogyakarta, Rabu (4/12/2019).

Dalam kunjungannya, selain bertemu dengan Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan HB X, Putri Mahkota tersebut juga melakukan kunjungan ke beberapa layanan kesehatan dan kependudukan di Kota Gudeg ini.

Putri Mary mengunjungi layanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Tegalrejo dan layanan konseling pranikah di KUA Gondomanan.

Putri Mahkota Denmark Dijamu Makan Siang Nasi Kuning dan Rawon di Keraton Yogyakarta

"Putri Mary ingin melihat bagaimana penerapan pelayanan kesehatan kependudukan di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Terkait Keluarga Berencana, Konseling pranikah dan pelayanan kesehatan reproduksi di Indonesia ini," beber National Program Officer for Advocation and Communication UNFPA Indonesia, Dr Samidjo.

Seperti diketahui, Putri Mary adalah ambassador dari United Nations Population Fund (UNFPA), yang merupakan sebuah badan di bawah PBB yang mengurus hal terkait layanan kesehatan khususnya wanita dan anak.

Sementara itu, negara Denmark juga diketahui merupakan donatur terbesar untuk organisasi ini.

"Dalam kurun 10 tahun terakhir ini, Putri Mary memang aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan isu pemberdayaan penduduk dan masyarakat, kesehatan ibu, masalah kesehatan anak, keluarga berencana, dan pernikahan dini, jadi beliau ingin memastikan Indonesia bagaimana menerapkan layanan tersebut sebagai salah satu penerima donor dari UNFPA ini," tambah Dr Samidjo.

Putri Mahkota Kerajaan Denmark Kagumi Keindahan Candi Borobudur

Plt Kepala Perwakilan BKKBN DIY Rohdhiana Sumariati SSos MSc menambahkan UNFPA merupakan mitra kerjasama BKKBN dalam mengatasi masalah kependudukan khususnya KB, Edukasi Reproduksi, Konseling Pranikah dan hal-hal terkait layanan kesehatan reproduksi masyarakat lainnya.

"Dalam kunjungan, Putri Mary ini juga kita ajak ke KUA Gondomanan untuk melihat terkait penerapan konseling pranikah, ritualnya seperti apa, apa saja yang dibekali untuk calon pengantin. Ada juga bagaimana peran motivator KB pria untuk masalah kependudukan. Dan ada FGD atau diskusi terkait peran tokoh agama dalam menyukseskan KB dan pembangunan keluarga sejahtera dari tokoh antar umat beragama," paparnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved