Yogyakarta

Kapolda DIY Intruksikan Dirreskrimum yang Baru untuk Tumpas Kejahatan Jalanan

Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri melantik AKBP Burkan Rudy Satria sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda DIY yang sebelumnya d

Kapolda DIY Intruksikan Dirreskrimum yang Baru untuk Tumpas Kejahatan Jalanan
tribratanewsjogja.com
Mapolda DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri melantik AKBP Burkan Rudy Satria sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda DIY yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Hadi Utomo.

AKBP Burkan Rudy sebelumnya menjabat Wakil direktur lalu lintas (Wadir Lantas) Polda Maluku.

Dan Kombes Pol Hadi Utomo kali ini mendapat tugas baru sebagai Kasubdit I Dittipidum Bareskrim Polri.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri memberikan instruksi kepada Dirreskrimum yang baru AKBP Burkan Rudy Satria untuk mengungkap kasus kejahatan jalanan yang akhir-akhir ini marak kembali di Yogyakarta.

Aksi Kejahatan Jalanan Kembali Terjadi di Jalan Kenari Yogyakarta, Wanita 71 Tahun Jadi Korbannya

"Saya kira kejahatan jalanan bagian dari konsentrasi kita. terutama masalah klitih atau kasus kenakalan remaja. Tentunya tanggung jawab dari Dirreskrimum. Tapi, yang paling penting adalah kewilayahan. Di polres-polres itu sebenarnya ujung tombaknya," ungkapnya Kamis (28/11/2019).

Dengan pergantian jabatan ini, diharapkan Ditreskrimum dapat bisa bekerja optimal dalam mengantisipasi kejahatan jalanan.

Termasuk dalam pengoptimalan Tim Progo Sakti.

Di samping juga pihaknya akan meningkatkan patroli.

"Iya (patroli) dengan sendirinya. Kalau upaya-upaya preventif itu yang kita ke depankan. Dibanding penegakan hukumnya. Kalau kejahatan konvensional kan juga meresahkan masyarakat. Upaya preventif yang paling penting. Ini akan terus kita galakkan," ungkap Kapolda DIY.

Sementara itu AKBP Burkan mengatakan bahwa fungsi reserse fokus ke depan adalah pengungkapan kasus, termasuk dalam hal ini pengungkapan kasus kejahatan jalanan.

Tapi selain itu pihaknya juga akan back up kekuatan Polres dan Polsek.

Cegah Kejahatan Jalanan, Polda DIY Minta Warga Laporkan Kelompok-kelompok Negatif ke Polisi

"Dalam hal ini bisa polsek atau polres kita back up penuh. Kita juga akan kerjasama dengan fungsi intelejen dan bhabinkamtibmas. Sebenarnya kuncinya adalah di upaya preventif," ujar dia.

Menurutnya reserse harus secepat mungkin mengungkap perkara.

Maka dari itu pihaknya aakan menganalisis kasus-kasus yang selama ini belum terungkap terutama di polsek-polsek.

"Kita coba analisis ulang. Bisa jadi karena keterbatasan personel polsek. Tapi nanti kita analisa ulang, kendalanya di mana saja, coba nanti dalam waktu dekat kita pecahkan bersama-sama," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved