Gunungkidul

Sebanyak 2755 Pendaftar CPNS di Gunungkidul Telah Melakukan Pendaftaran Online

Hingga pagi tadi sebanyak 2755 pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gunungkidul telah melakukan pendaftaran online.

Sebanyak 2755 Pendaftar CPNS di Gunungkidul Telah Melakukan Pendaftaran Online
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Hingga pagi tadi sebanyak 2755 pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gunungkidul telah melakukan pendaftaran online.

Kepala Bidang Formasi, Pengembangan dan Data Pegawai BKPPD Gunungkidul, Reni Linawati mengatakan, ada dua jenis pendaftar online pada CPNS 2019 kali ini.

Yang pertama baru sebatas pengisian formulir dan satu lagi adalah yang telah melakukan submit.

"Kalau yang baru mengisi form tadi pagi tercatat 2963, jadi kalau sudah melakukan submit para pendaftar tidak bisa merevisi pilihannya lagi kalau baru mengisi form dan submit masih bisa berubah karena tiap menit pasti berubah," ucapnya, Senin (25/11/2019).

Info Pendaftaran CPNS 2019 - Rekap Sementara BKN, Daftar Instansi Peminat Terbanyak dan Terendah

Lanjut Reni saat ini sudah masuk tahapan register berkas dirinya belum bisa memastikan karena harus melalui proses registrasi terlebih dahulu.

"Berkas yang masuk atau yang dikirim pada hari Jumat ada sekitar 700 an, sebelumnya juga sudah ada yang masuk," imbuhnya.

"Penutupan pendaftaran online pada tanggal 26 tetapi di sistem websitenya sudah mundur menjadi tanggal 27 November jam 22.00, sedangkan penutupan pengiriman berkas pada tanggal 27 cap pos," jelasnya.

Pilkades Serentak di Gunungkidul Dinilai Sukses dengan Tingkat Partisipasi Mencapai 78,11 Persen

Pada CPNS 2019 kali ini formasi yang dibuka di Gunungkidul hanya sebanyak 250 formasi.

Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang diajukan oleh pemkab Gunungkidul yang sebanyak 345 formasi.

"Ada revisi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) meliputi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), sedangkan kali ini hanya khusus untuk CPNS saja sehingga usulan kami tidak sesuai kalau untuk CPNS semua," jelasnya.

Reni menjelaskan untuk pengisian formasi seharusnya zero growth, yang dimaksud zero growth adalah rekrutmen jumlahnya sebanding dengan PNS yang pensiun namun di Gunungkidul saat ini masih minus growth, yaitu rekrutmen lebih sedikit dibanding dengan PNS yang pensiun.

"Bisa saja tahun depan mengajukan kembali tetapi itu tergantung dengan Kemenpan RB apakah tahun depan akan membuka formasi atau tidak," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, untuk proses tes CPNS kemungkinan akan dilakukan pada awal 2020 namun untuk jadwal tes CPNS masih menunggu jadwal dari kemenpan RB.

"Sebelum tes CPNS masih ada tahapan sanggahan yaitu tahapan dimana jika calon merasa tidak terima saat tidak lolos seleksi administrasi bisa mengajukan keberatan tentu saja didasari dengan bukti-bukti pendukung," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved