ADVERTORIAL

SMK Negeri 1 Bantul Raih Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Prestasi Kabupaten Bantul ditorehkan dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS), dimana Bumi Projo Tamansari diwakili oleh SMK Negeri 1 Bantul.

SMK Negeri 1 Bantul Raih Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional
istimewa
Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, bersama Plt. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 dan Kepala Balai Dikmen Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Ya, prestasi kali ini ditorehkan dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS), dimana Bumi Projo Tamansari diwakili oleh SMK Negeri 1 Bantul.

LSS sendiri merupakan agenda yang diinisiasi melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, yakni Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri.

Trias UKS, meliputi pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta pembinaan lingkungan sekolah sehat, menjadi penilaian utama dalam LSS.

Pemkab Bantul Ingatkan Dukuh Agar Jaga Moralitas

"Dengan keberhasilan di LSS, berarti sekolah telah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di kalangan warga sekolah, mulai dari siswa, guru, karyawan, atau komite," ucap Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, Kamis (14/11/2019).

Isdarmoko menjelaskan, penghargaan yang diraih SMK Negeri 1 Bantul tersebut, tidak terlepas pula dari peran aktif masyarakat sekitar.

Bagaimana tidak, tim penilai LSS juga mengamati kehidupan, serta kebersihan lingkungan, yang ada di sekitaran sekolah.

"Ya, masyarakat sekitar termasuk ikut menentukan keberhasilan dalam LSS, karena yang dinilai kan tidak hanya lingkungan di dalam sekolah, tetapi termasuk juga lingkungan sekitaran sekolah itu ya, dengan radius 500 meter," terangnya.

Oleh sebab itu, imbuhnya, pihak sekolah membentuk divisi, atau satuan kerja, yang diisi oleh para siswa, guna menangani berbagai kegiatan.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Mulai dari Divisi UKS, Kantin Sekolah, Biopori, Greenhouse, Kolam, Kamar Mandi, Taman Sekolah, Tanaman Sayur dan Buah, Toga, serta Kader Penggerak Masyarakat.

"Sehingga, kegiatan LSS sangat berkontribusi dalam membentuk karakter siswa. Mereka menjadi peduli dan berbudaya lingkungan, peduli kebersihan, lalu terbiasa membuang, memilah, serta mengolah sampah, dan lain sebagainya," ujarnya.

Lebih lanjut, selain penghargaan untuk SMK Negeri 1 Bantul, Puskesmas Bantul II pun diganjar penghargaan secara khusus oleh Kemenkes, sebagai Pembina Sekolah dengan Pencapaian Terbaik, untuk jenjang SMA/MA/SMK dalam gelaran LSS 2019 ini. 

"Semoga dengan meraih juara LSS akan semakin memotivasi semua pihak untuk berbudaya PHBS yang pada muaranya akan meningkatkan prestasi belajar siswa, serta menuju Bantul sehat, cerdas sejahtera," kata Isdarmoko.

Sekadar informasi, penghargaan juara LSS tingkat nasional ini merupakan yang keenam secara berturut-turut untuk Bantul. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved