Pendidikan

UGM Jadi Kampus Terbaik Berbasis Pengabdian Masyarakat 2 Tahun Berturut-turut

UGM berhasil menjadi kampus terbaik dalam daftar perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian masyarakat yang dirilis Kemenristekdikti 2019.

UGM Jadi Kampus Terbaik Berbasis Pengabdian Masyarakat 2 Tahun Berturut-turut
internet
Gedung Rektorat UGM

TRIBUNJOGJA.COM - Prestasi membanggakan kembali diraih Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kali ini, UGM berhasil menjadi kampus terbaik dalam daftar perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian masyarakat yang dirilis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2019.

Direktur Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof Irfan Dwidya Prijambada menerangkan setidaknya terdapat 127 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang masuk ke dalam kluster unggul dan sangat bagus.

Menurutnya, UGM berhasil menduduki peringkat pertama, mengalahkan Universitas Diponegoro dan Universitas Padjajaran yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Di posisi keempat dan kelima sendiri diraih Universitas Sebelas Maret dan Institut Pertanian Bogor.

“UGM tahun ini kembali berhasil menduduki peringkat pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat oleh Kemenristekdikti," terangnya

Irfan menerangkan, pencapaian kali ini menjadikan UGM selama dua tahun berturut berada di posisi pertama.

Dia menjelaskan jika pemeringkatan ini berdasarkan hasil penilaian kinerja pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi selama periode 2016-2018.

"Beberapa diantaranya adalah jumlah kegiatan pengabdian yang didanai direktorat pengabdian kepada masyarakat maupun non direktorat pengabdian masyarakat melalui kerja sama dengan pemda, kementrian, maupun swasta," ungkapnya.

Selain itu penilaian juga dilakukan terhadap luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik berupa publikasi di jurnal, media massa, dalam bentuk video, teknologi tepat guna, paten dan lainnya.

Mahasiswa UGM Ciptakan Sistem Pemantauan Ketinggian Air Real Time

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved