Bisnis

Pemda DIY dan BPD DIY Luncurkan Platform Pembinaan KUKM

Pembinaan yang dilakukan tidak hanya dari sisi pembiayaan melainkan melalui simulasi bisnis yang melibatkan kelompok non formal dan formal.

Pemda DIY dan BPD DIY Luncurkan Platform Pembinaan KUKM
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama direksi BPD DIY saat meluncurkan Platform Pembinaan KUKM di Hotel Sahid, Senin (11/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY bersama BPD DIY meluncurkan Platform Pembinaan KUKM (Koperasi, Usaha Kecil Menengah), di Hotel Sahid Yogyakarta, Senin (11/11/2019).

Launching tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang secara simbolis melakukan pemindaian barcode tanda diluncurkannya platform tersebut.

Direktur Utama BPD DIY ,Santoso Rohmad mengatakan bahwa adanya kerjasama ini memperkuat sinergitas yabg terbangun sejak lama.

Ia menjelaskan bahwa ini merupakan komitmen BPD DIY dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY untuk serius dalam membina UMKM.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

"Kami ingin UMKM di Yogyakarta bisa tumbuh bahkan bersaing. Bisa all out karena ke depan Yogya menjadi destinasi wisata yang bisa menghasilkan. Maka UMKM diperkuat, semua lini diperkuat. Kalau begitu pertumbuhan ekonomi bisa ditindaklanjuti dengan tumbuhnya usaha baru," terangnya, di sela-sela acara.

Santoso mengatakan bahwa pihaknya membina UMKM dengan Mitra Si Bakul Beringharjo.

Pembinaan yang dilakukan tidak hanya dari sisi pembiayaan melainkan melalui simulasi bisnis yang melibatkan kelompok non formal dan formal.

"Kami latih pengelolaan keuangan, packaging, kualitas dagang, dan kapan berhubungan dengan bank. Fasilitas apa yang harus digunakan termasuk mobile banking, QR code, dan sebagainya. Kita siapkan UMKM untuk masa depan," tambahnya.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa UMKM memiliki peranan besar dalam penyerapan tenaga kerja serta berkaitan dengan produk domestik bruto (PDB).

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved