Yogyakarta

Pemda DIY dan AP 1 Buka Ruang untuk UMKM di YIA

Penandatanganan tersebut dilakukan di Hotel Sahid, Senin (11/11/2019) dan ditandatangani langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan D

Pemda DIY dan AP 1 Buka Ruang untuk UMKM di YIA
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Dirut Angkasa Pura 1 Faik Fahmi setelah proses penandatanganan MoU penyediaan ruang pelaku UMKM di YIA, Senin (11/11/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pelaku UMKM di DIY dapat berlega hati, pasalnya Pemda DIY dan PT Angkasa Pura 1 telah menandatangani MoU terkait penyediaan tempat bagi pelaku UMKM di Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di Kabupaten Kulonprogo DIY.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Hotel Sahid, Senin (11/11/2019) dan ditandatangani langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 Faik Fahmi.

Sultan mengatakan bahwa pelaku UMKM pengisi space yang disediakan di YIA, harus melalui tahap verifikasi agar produk yang mereka jual bercirikan khas Yogya dan memiliki kualitas terbaik bahkan layak ekspor.

Pihaknya melaui kerjasama ini telah mendorong agar produk UMKM bisa naik kelas.

Ganjar Segera Luncurkan Bank Khusus UMKM dan Petani

"Tergantung kemauan dan kemampuan mereka sendiri dengan kita terima jualan di bandara. Kita harapkan ekspor. Tapi tergantung kemauan dan harus suka. Tergantung pola pikir dan kemauan," jelasnya ditemui seusai acara.

Direktur PT Angkasa Pura 1 Faik Fahmi mengatakan pihaknya sangat mendukung keberadaan UMKM di Yogya, salah satunya adalah dengan menyediakan space UMKM di YIA.

"Kita kerjasama dengan Pemda ada area khusus yang cukup luas untuk mendisplay produk mereka (UMKM) dengan harga yang sangat murah sehingga harapannya produk mereka laku banyak," bebernya.

Pertamina Siapkan Depo Satelit di Bandara YIA Kulon Progo

Faik mengatakan, sesuai rencana bangunan fisik YIA akan selesai pada Desember 2019.

Selanjutnya pada akhir Januari 2020 akan dilakukan pemindahan maskapai dari Bandara Internasional Adisutjipto ke YIA dan target operasional penerbangan internasional di YIA yakni Maret-April 2020.

"Saat ini progressnya 86 persen. Penerbangan internasional mana saja sedang kita lakukan kajian, tapi utamanya yang sekarang di Adisutjipto akan dipindah ke YIA. Pesawat-pesawat besar tersebut diharapkan datang dengan membawa turis serta keluarganya sehingga memberi dampak positif untuk masyarakat Yogyakarta," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved