Jawa

Dinkes Klaten Siap Wujudkan Generasi Sehat Indonesia Unggul

Pemkab Klaten melalui Dinkes setempat menggelar upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 pada Selasa 12 November 2019.

Dinkes Klaten Siap Wujudkan Generasi Sehat Indonesia Unggul
Dokumentasi Pemkab Klaten
Dinas Kesehatan Klaten menggelar upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 yang dipusatkan di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (12/11/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 yang dipusatkan di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa, 12 November 2019. 

Tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 adalah Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Klaten yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jaka Sawald, Perwira Upacara dr Tri Nyantosani dan Komandan Upacara dr Anggit Budiarto. 

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Sekda Klaten Jaka Sawaldi dalam amanat HKN ke-55 membacakan sambutan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan untuk mewujudkan Bangsa Indonesia yang unggul dan maju harus dimulai dari memastikan sumber daya manusia (SDM) sehat lahir dan batin.

"Tema HKN ke-55 tahun ini menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif dalam rangka mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045," paparnya.

Dijelaskan, pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan, yaitu berkontribusi dalam peningkatan nilai Indeks Pembangunan Manusia dan Usia Harapan Hidup. 

Dharma Wanita Persatuan Klaten Dukung Raih Piala Adipura

Peningkatan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu, dan angka kematian neonatal. 

"Khususnya dalam penurunan stunting yang telah berhasil turun hampir 10% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir," sebutnya

Ditambahkan, tantangan pembangunan kesehatan masih terbentang  terutama upaya untuk menurunkan stunting menjadi di bawah angka WHO yakni 20%.

Pesan khusus Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) agar stunting ditekan menjadi 1 digit, sehingga anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi generasi yang premium dalam menyongsong 1 abad Indonesia Merdeka pada tahun 2045 mendatang. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: vim
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved