Bisnis

Kunjungan Wisatawan Asing ke Borobodur Turun 30 Persen, Jadi Penurunan Terburuk

Wakil Ketua DPD ASITA DIY Bobby Ardianto Setyo Ajie memaparkan, dari hasil diskusi dengan Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, periode

Kunjungan Wisatawan Asing ke Borobodur Turun 30 Persen, Jadi Penurunan Terburuk
Ist
Candi Borobudur 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wakil Ketua DPD ASITA DIY Bobby Ardianto Setyo Ajie memaparkan, dari hasil diskusi dengan Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, periode ini terjadi penurunan yang cukup buruk untuk wisatawan asing yang berkunjung ke Borobudur dibanding tahun lalu di periode yang sama.

Penurunan wisatawan ini mencapai 30 persen, dari sebelumnya hanya 5-10 persen.

"Kemarin kita diskusi dengan TWC, kunjungan ke Borobudur sendiri di bulan Agustus dibanding tahun lalu di periode yang sama turun 30%. Banyak faktor yang berpengaruh, baik internal maupun eksternal," tuturnya, Selasa (5/11/2019).

Rencana Reaktivasi Jalur Kereta Jawa Tengah-Yogyakarta Mulai Gamping Hingga Candi Borobudur

Faktor internal dalam negeri kata Bobby karena ada banyak kejadian berturut-turut seperti bencana alam dan pemilu. Sedang faktor eksternal, yakni karena kondisi Eropa yang juga belum stabil.

"Maka sekarang, wisman agak sedikit resisten dengan harga. Seperti harga destinasi yang cukup mahal seperti Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, penurunannya cukup terasa sekali," katanya.

Foto-foto Candi Borobudur Saat Ditemukan, Kondisinya Sangat Memprihatinkan

"Satu hal yang harus disadari, wisman terutama wisatawan Eropa datang ke Yogyakarta, yang menjadi magnet utama adalah Borobudur. Sedangkan Borobudur dengan kondisi seperti itu, kita efeknya bisa lihat, kunjungannya menurun cukup banyak," paparnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved