Pendidikan

Tim PKM Jurusan Matematika FMIPA UNY Beri Pelatihan Software Geogebra

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menggunakan software Geogebra yang nantinya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.

Tim PKM Jurusan Matematika FMIPA UNY Beri Pelatihan Software Geogebra
istimewa
Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY saat memberikan pelatihan Geogebra kepada 60 guru SMP di Sleman dan Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk meningkatkan keterampilan guru SMP dalam menggunakan software Geogebra, Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY memberikan Pelatihan Geogebra kepada 60 orang guru di Sleman dan Bantul.

Pelatihan ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan Oktober 2019, yang mana masing-masing kelompok mendapatkan tiga kali pertemuan untuk bisa menguasai software Geogebra.

Dwi Lestari, seorang anggota tim PKM Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY menerangkan, sebanyak 60 guru SMP yang diberikan pelatih berasal dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sleman dan MGMP Bantul.

Untuk kelompok MGMP Matematika SMP Sleman pelatihan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Colombo dan di FMIPA UNY.

Tutorial Tampil Kece dengan Makeup Sachet yang Praktis dan Terjangkau

Sedangkan kelompok MGMP Matematika SMP Bantul, dilaksanakan di SMPN 1 Bantul.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menggunakan software Geogebra yang nantinya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran," ungkapnya.

Dwi menerangkan, dirinya memberikan pelatihan ini bersama dengan dua anggota Tim PKM Jurusan Matematika, FMIPA lainnya, yakni Atmini Dhoruri serta Eminugroho Ratna Sari.

Menurutnya, software Geogebra sendiri mencakup bidang matematika utamanya kalkulus dan geometri.

Melalui software ini, guru dapat membuat media interaktif untuk menjelaskan materi-materi yang berhubungan dengan geometri dengan lebih mudah dan efektif.

Mahasiswa UNY Beri Pelatihan Guna Berdayakan Potensi Hutan Wisata Jurang Jero

"Misalnya saja, ketika guru hendak menjelaskan bangun ruang kubus, guru dapat menggambar mulai dari jaring-jaring hingga animasi kubus tiga dimensi secara interaktif. Melalui visualisasi ini, diharapkan peserta didik dapat memahami materi kubus dan sifat-sifatnya dengan lebih baik," ungkapnya.

Selain memberikan pelatihan software Geogebra, Tim PKM FMIPA UNY juga membimbing para Guru dalam menyusun bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) sehingga guru dapat menyusun LKPD dengan mudah

"Di sini guru juga diajari bagaimana membuat akun media sosial yang terhubung langsung dengan pengguna Geogebra lainya. Melalui akun tersebut, guru dapat meng-upload hasil karya yang dibuat selama mengikuti pelatihan. Selain itu, dengan akun tersebut guru dapat melihat hasil karya dari pengguna lainnya sehingga dapat dijadikan inspirasi untuk karya selanjutnya," ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini para guru SMP yang ada di Sleman dan Bantul bisa lebih terampil dalam menggunakan Geogebra dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved