Yogyakarta

Rayakan Sumpah Pemuda dan Hari Lahir, Merkids Galang Aksi Sosial

Organisasi masyarakat pemuda di Yogyakarta, Merkids menggelar aksi sosial bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober.

Rayakan Sumpah Pemuda dan Hari Lahir, Merkids Galang Aksi Sosial
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Pendonor saat mengikuti aksi donor darah yang diselenggarakan oleh Merkids dan PMI Kota Yogyakarta sebagai salah satu rangkaian acara Sumpah Pemuda dan Harlah ke-20 di Mergangsan, Kota Yogyakarta, Senin (28/10/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Organisasi masyarakat pemuda di Yogyakarta, Merkids menggelar aksi sosial bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober.

Aksi sosial ini mereka wujudkan dalam bentuk aksi donor darah sebagai salah satu perayaan Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, aksi sosial ini juga sebagai salah satu rangkaian perayaan hari lahir Merkids yang menginjak tahun ke-20.

Lukas Eksha Ketua Panitia menjelaskan aksi sosial ini menjadi bentuk kepedulian Merkids terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Ndarboy Genk Gelar Aksi Sosial Penggalangan Dana untuk Bantu Lansia

"Kita ingin aksi sosial yang Merkids lakukan ini bisa menularkan virus-virus kebaikan untuk masyarakat lainnya," terangnya kepada TribunJogja.com, Senin (28/10/2019).

Aksi donor darah yang dilakukan ini tak hanya diikuti oleh anggota Merkids namun juga dapat diikuti oleh masyarakat umum yang ingi ambil bagian dalam aksi sosial ini.

Pihaknya tak menargetkan jumlah kantong darah yang didapatkan namun hingga acara selesai dilakukan, lebih dari 50 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam aksi sosial yang menggandeng PMI Kota Yogyakarta ini.

Selain aksi donor darah, rangkaian aksi sosial lain yang telah dilaksanakan oleh Merkids antara lain pemberian bantuan berupa air bersih untuk wilayah kekeringan di dua kecamatan di Gunungkidul.

"Kita juga kemarin sudah membagikan bantuan air bersih 30 tangki untuk dua kecamatan di Gunungkidul yakni di Tepus dan Panggang," terang Lukas.

Rayakan Valentine, SMP Sella Duce I Yogyakarta Lakukan Aksi Sosial

Hasannudin Ketua Merkids menuturkan melalui aksi sosial ini diharapkan pemuda pemudi yang ada di Yogyakarta dapat berbagi kebaikan dan kepedulian terhadap sesama.

Pihaknya berharap organisasi ini dapat menjadi organisasi pemuda yang mampu menebar kepedulian sesama masyarakat, responsif kepada orang lain yang membutuhkan.

Ke depan, Merkids berharap dapat mewujudkan salah satu mimpinya yakni ambulans gratis dan rumah singgah bagi anak jalanan dapat direalisasikan.

"Kita harap aksi sosial yang kita (Merkids) lakukan dapat menjadi contoh baik bagi ormas pemuda lainnya yang ada di Yogyakarta," cetusnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved