Gunungkidul

Dishub Gunungkidul Targetkan Pasang 141 PJU Akhir Tahun Ini

Pemasangan PJU meliputi jalur Playen-Mulo dan jalur menuju kawasan Pantai Selatan.

Dishub Gunungkidul Targetkan Pasang 141 PJU Akhir Tahun Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, WIsang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Akhir tahun ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul targetkan memasang Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di 141 titik.

Kepala Bidang (Kabid) LPJU Dinas Perhubungan Gunungkidul, Elly Siswanto mengatakan, pemasangan PJU meliputi jalur Playen-Mulo dan jalur menuju kawasan Pantai Selatan.

"Sumber pendanaan dari APBD Gunungkidul dan APBD Provinsi DIY. Untuk proses lelang sudah selesai tiang untuk PJU listrik sudah dipasang tinggal memasang lampu dan jaringan," jelasnya, Minggu (27/10/2019).

Tutorial Make Up ke Sekolah, Tampil Kece Tanpa Kena Marah Guru Ala Tasya Farasya

Ia mengatakan ada dua jenis PJU yang akan dipasang oleh Dishub Gunungkidul.

Yang pertama adalah PJU listrik, dan yang kedua adalah PJU dengan sumber energi listrik dari tenaga surya.

"Rinciannya untuk PJU listrik sebanyak 50 buah lalu untuk yang menggunakan tenaga surya sebanyak 36 buah, lalu ada bantuan dari provinsi sebanyak 50 buah yang nantinya dipasang di jalan provinsi," ucapnya.

Ia menjelaskan, pemeliharaan dan perbaikan untuk PJU yang berada di jalan nasional adalah kewenangan dari Kementerian Perhubungan dalam hal ini Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di Semarang, Jawa Tengah.

Tingkat Konsumi Ikan Masyarakat Gunungkidul Dinilai Masih Rendah

“Sedangkan kami yang berada di kabupaten hanya berwenang memperbaiki PJU di jalan kabupaten, tetapi kami tidak serta merta lepas tangan. Kami sudah melaporkan kalau ada PJU yang rusak,” ucapnya.

Terpisah, Camat Tanjungsari Rachmadian mengatakan, di daerahnya masih dirasa minim penerangan jalan, mengingat jalur yang ada di Tanjungsari adalah jalur untuk menuju kawasan wisata pantai.

"Ada yang masih kurang seperti di selatan Desa Karangasem-Mulo menuju pantai. Kemudian Alas Mojojerit perbatasan (kecamatan) Semanu dan (kecamatan) Tanjungsari," katanya.

Ia berharap PJU dapat segera dipasang mengingat jalur-jalur tersebut merupakan jalur menuju kawasan pantai selatan Gunungkidul yang dilewati oleh wisatawan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved