7 Cara Meringankan Nyeri Punggung yang Sering dialami Saat Hamil

Nyeri punggung yang berada di bagian bawah menjadi masalah biasa yang dialami oleh ibu hamil. Berikut penyebab dan cara meringankan nyeri punggung

7 Cara Meringankan Nyeri Punggung yang Sering dialami Saat Hamil
dbcactivespinecare.com
dbcactivespinecare.com, Ilustrasi ibu hamil nyeri punggung 

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Dwi Latifatul Fajri

TRIBUNJOGJA.COM - Nyeri punggung menjadi masalah biasa yang dialami oleh ibu hamil. Salah satunya nyeri punggung yang berada di bagian bawah.

Nyeri muncul di daerah punggung bagian bawah dan dapat menyebar kebagian kaki. Penyebab nyeri punggung ketika ibu hamil melakukan aktivitas fisik, seperti mengangkat beban berat, membungkukkan badan ke depan, atau berdiri dari posisi duduk.

10 Kebiasaan Buruk yang Picu Nyeri Punggung

Dikutip dari Nakita, berikut penyebab lain nyeri punggung selama kehamilan :

1. Pertumbuhan bayi

Sering dengan bertambahnya ukuran janin, maka rahim juga ikut membesar. Hal ini bisa menjadi penyebarb nyeri pada punggung bagian bawah.

2. Bertambahnya berat badan

Saat kehamilan, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan. Tulang belakang yang menopang tubuh akan semakin berat sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggul dan punggung bagian bawah.

3. Otot perut yang lemah

Otot perut yang lemah dapat tekanan berlebih pada tulang belakang. Hal ini mengakibatkan tot punggung bekerja lebih keras untuk menyangga tulang belakang dengan benar. Otot perut menjadi lemah dan tegang ketika perut semakin membesar.

4. Postur tubuh

Kehamilan berpengaruh pada postur tubuh, cara duduk, posisi tidur dan cara berjalan. Saat masa kehamilan,jika terlalu lama duduk dan membungkuk dapat memperparah nyeri punggung bagian bawah.

5. Stres

Stress adalah faktor psikologis yang dapat menyebabkan rasa sakit. Stress saat hamil dapat menyebabkan otot punggung menjadi tegang. Selain itu hormon relaksin yang biasanya melemaskan persendian dan ligamen dapat memengaruhi.

Nyeri punggung bagian bawah menjadi masalah bagi ibu hamil, namun ada cara meringankan nyeri punggung. Berikut langkahnya :

  1. Jangan berdiri dan duduk terlalu lama.
  2. Letakan bantal di punggung bagian bawah saat duduk
  3. Tidur miring menggunakan bantal diantara kedua kaki.
  4. Jangan memakai sepatu berhak tinggi.
  5. Kompres air hangat atau memijatnya dapat membantu meredakan nyeri.
  6. Rutin berolahraga ringan.
  7. Minum teh herbal.

(*)

(Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri)

Halaman
Penulis: Dwi Latifatul Fajri
Editor: mon
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved