Gunungkidul

Pengembangan Pariwisata Gunungkidul Membutuhkan Kerjasama antar OPD

Pengembangan wisata di Gunungkidul membutuhkan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain.

Pengembangan Pariwisata Gunungkidul Membutuhkan Kerjasama antar OPD
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Pengembangan wisata di Gunungkidul membutuhkan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan saat ini pengembangan pariwisata sangatlah dinamis sehingga membutuhkan kerjasama antar OPD.

"Pengembangan kawasan pantai seperti Baron saat ini sedang menyelesaikan DED serta persiapan pembangunan lainnya," ujarnya, Kamis, (17/10/2019).

Melihat Pemandangan Alam dari Puncak Kosakora, Wisata Top di Gunungkidul

Ia mengatakan sedangkan untuk pantai Krakal masih terus dilakukan pembangunan.

"Pengembangan pantai bertujuan untuk menarik wisatawan, diharapkan setelah pengembangan bisa meningkatkan kunjungan pariwisata," katanya.

Ia menuturkan pengembangan pariwisata berpedoman perda no 3 tahun 2014 tentang rencana induk pengembangan kepariwisataan daerah (riparda) Kabupaten Gunungkidul tahun 2014-2025.

"Tahap itu ada identifiakasi potensi sesuai dengan riparda yang ada," katanya

Dijelaskannya, untuk pengembangan potensi wilayah selatan seperti yang terkandung dalam riparda dinas terkait kondisi situasi internal dan ekstrnal.

Inovasi Ayunda Si Menik Makan Sego Ceting Gunungkidul Raih Top 45 Pelayanan Publik Terbaik

"Untuk perkembangan dari internal, saat ini di Gunungkidul sudah semakin pesat perkembangannya. Terbukti wisatawan terus berdatangan ke kawasan pantai sedangkan untuk ekternal seperti pembangunan YIA, trans jawa. Dinamika yang ada harus kita sikapi untuk pengembangan kepariwisataan," katanya

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, pemerintah kabupaten Gunungkidul terus berupaya agar wisatawan nyaman, dan betah berkunjung. Selama ini wisatawan yang datang tujuan utamanya ke kawasan pantai.

"Pemerintah berupaya memperbaiki fasilitas yang ada, dan dapat mewujudkan Gunungkidul sebagai destinasi wisata yang terkemuka dan berbudaya," katanya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved