Breaking News:

Marshanda Kisahkan Penyakit Bipolarnya Lewat Video 'Superwoman yang Sakit Mental'

Marshanda mengunggah video vlog tentang penyakit bipolarnya. Butuh empat tahun dia menerima penyakit mentalnya.

Penulis: Dwi Latifatul Fajri | Editor: Rina Eviana
Youtube
Marshanda 

Marshanda Butuh Waktu 4 Tahun untuk Menerima Penyakit Bipolar yang Diderita

Marshanda Kisahkan Penyakit Bipolarnya Lewat Video 'Superwoman yang Sakit Mental'

Laporan Reporter Tribunjogja.com, Dwi Latifatul Fajri

TRIBUNJOGJA.COM - Memperigati hari kesehatan mental yang jatuh pada 10 Oktober, Marshada membuat video vlog cerita dirinya yang menderita penyakit bipolar.

Sebelumnya Marshanda menderita peyakit bipolar selamat empat tahun dari 2009. Awalnya dia tidak menerima keyataa kalau dirinya menderita mental illness.

"Jadi gue tuh kayak gak stabil. Jadi, nyokap gue pernah nulis tentang newsletter tapi gak pernah gue buka." ungkap Marshanda.

Video vlog itu berjudul "Superwoman yang Sakit Mental". Sebenarnya ada alasan khusus mengapa Marsahda membuat konten tentang kesehatan mental.

"Gue ngerasa kenapa termotivasi banget untuk ngomongin konten kayak gini karena di Indonesia baru mulai imerging gitu loh soal hal kayak gini dan gw pengin menyuarakan lebih banyak aja." tutur Marshanda dalam video di YouTube MARSHED, dikutip Kompas.com.

Dalam video tersebut, Marshanda juga menceritakan pengalaman seseorang yang datang ke terapis di negara maju adalah hal yang wajar. Misalnya di Eropa dan Amerika Serikat.

Berbeda dengan di Indonesia, ada pandangan negatif jika seseorang pergi ke terapis jiwa.

"Kalau di sini tuh masih banyak stigma. Masih banyak yang anggap, 'Ih lo kenapa, lo bermasalah ya, ih lo sakit, gila, atau apa'. Padahal itu sesuatu yang semua manusia tuh butuh," ujar Caca.

Marshanda atau yang lebih dikenal Caca awalnya belum menerima kenyataan dirinya menderita bipolar.

Butuh waktu selama empat tahun bagi dirinya untuk menerima kenyataan. Berawal dari penerimaan Marshanda terhadap penyakitnya dan rajin ke psikiater, akhirnya Marshanda bangkit dan mampu berkarya.

Marshanda juga mengemukakan dengan rutin berobat, ganggung jiwa yang dialaminya bisa stabil.

(Tribunjogja.com | Dwi Latifatul Fajri)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved