Kota Yogya

Dinsos Kota Yogyakarta Godog Indikator Kota Ramah Lansia

Indikator bersumber dari acuan yang didapat dari Kementerian Sosial Republik Indonesia serta dari Perwal 38/2019 tentang Penyelenggaraan Lansia.

Dinsos Kota Yogyakarta Godog Indikator Kota Ramah Lansia
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta sedang menyusun indikator untuk Kota Ramah Lansia.

Indikator tersebut bersumber dari acuan yang didapat dari Kementerian Sosial Republik Indonesia serta dari Perwal 38/2019 tentang Penyelenggaraan Lansia.

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat menjelaskan bahwa pihaknya telah mengumpulkan masukan dari beberapa OPD dan hasilnya terkumpul 73 indikator.

Jumlah tersebut masih akan dimampatkan sesuai dengan kemiripan indikator.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

"Misal ruang terbuka hijau kalau bisa diintegrasikan dengan rumah terbuka hijau difabel. Mudah-mudahan dari indikator tersebut bisa dimampatkan lagi. Sekarang sedang dimatangkan," ujarnya, Senin (7/10/2019).

Namun, Agus mengatakan, bahwa ada sekitar 14 indikator utama yang bersumber dari Kementerian maupun Perwal.

Indikator tersebut di antaranya adalah lingkungan yang ramah lansia, transportasi, penghargaan sosial, kesempatan kerja lansia untuk ruang aktualisasi diri, dan sebagainya.

"Paling sulit adalah lingkungan, dalam hal ini menciptakan ruang terbuka publik hijau yang ramah lansia. Pasalnya di kota ini lahannya sudah sangat terbatas," urainya.

Agus menambahkan, keberadaan Kota Ramah Lansia nantinya akan memudahkan lansia dalam mengakses sarana dan prasarana di Kota Yogyakarta.

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved