Pemkot Yogyakarta Akan Bangun Rumah Susun di Sekitar Sungai Gajahwong Umbulharjo

Tanah yang saat ini dihiasi beberapa tanaman pisang milik warga, sejatinya merupakan Tanah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Pemkot Yogyakarta Akan Bangun Rumah Susun di Sekitar Sungai Gajahwong Umbulharjo
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta akan membangun sebuah rumah susun (rusun) di sekitar Sungai Gajahwong, tepatnya di Mujamuju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Kabid Perumahan Permukiman dan Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Sigit Setiawan, menjelaskan bahwa rusun berada di lahan seluas 300m² dengan total 12 unit rumah di dalamnya.

"Itu kami bangun untuk warga yang terdampak pengeprasan (rumah) di bantaran sungai Gajahwong yang saat ini sedang ditangani melalui program pemerintah pusat Kotaku (Kota Tanpa Kumuh)," ucapnya, Sabtu (5/10/2019).

Tanah yang saat ini dihiasi beberapa tanaman pisang milik warga, sejatinya merupakan Tanah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, sehingga untuk bisa menggunakannya diperlukan proses kekancingan.

"Saat ini sedang tahap penyusunan DED di Dinas PUPKP. Tanahnya miring tapi bisa dipakai karena berada di jaram aman dari sungai yakni 15 meter. Sebanyak 12 unit rumah nantinya akan dibuat dengan tipe 32," urainya.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta, Hari Setya Wacana, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mengajukan permohonan kekancingan ke Keraton agar Pemerintah Kota Yogyakarta bisa menggunakan tanah tersebut.

"Kami menelusuri SKT (Surat Keterangan Tanah) ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) terlebih dahulu. Kita telusuri dengan BBWSO (Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak) terkait tata sungai. Nanti kalau memang layak untuk rusun, kami yang memproses kekancingannya," ucapnya.(*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved