Mengenal Tebing Breksi, Bekas Penambangan yang Disulap Jadi Destinasi Wisata

Menjelajah Yogyakarta memang tak ada habisnya. Setiap kabupaten atau kota memiliki keunikan tersendiri, khususnya di bagian destinasi wisata.

Mengenal Tebing Breksi, Bekas Penambangan yang Disulap Jadi Destinasi Wisata
superadventure.co.id
Tebing Breksi wisata murah Jogja 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjelajah Yogyakarta memang tak ada habisnya. Setiap kabupaten atau kota memiliki keunikan tersendiri, khususnya di bagian destinasi wisata.

Seperti yang dimiliki Kabupaten Sleman. Tak hanya candi, Kabupaten Sleman juga memiliki sebuah tebing yang terkenal, yakni Tebing Breksi.

Tebing Breksi di Sambirejo, Prambanan, Sleman
Tebing Breksi di Sambirejo, Prambanan, Sleman (TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando)

Namanya mungkin masih terdengar asing, tapi setiap minggu pasti banyak orang yang datang. Kebanyakan mereka datang bersama keluarga, rekan kerja maupun pasangan. 

Wisata Sleman Tebing Breksi
Wisata Sleman Tebing Breksi (ist)

Dengan begitu, Anda bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih di tempat yang menyenangkan. Bagi yang bertanya, apa kelebihan Tebing Breksi dibanding dengan destinasi wisata lainnya? Sebenarnya, tebing ini sama dengan tebing lainnya. 

Hanya saja, ada ukiran-ukiran berukuran super besar yang menghiasi setiap dinding tebing. Ukiran itu biasanya dijadikan tempat untuk berswafoto dan menjadi foto favorit pengguna Instagram.

Wisatawan tampak asyik berfoto di sekitar Tebing Breksi, Selasa (26/12/2017).
Wisatawan tampak asyik berfoto di sekitar Tebing Breksi, Selasa (26/12/2017). (TRIBUNJOGJA.COM / Tantowi Alwi)

Tebing Breksi memang bisa diukir. Hal ini dikarenakan permukaan tebing itu adalah kapur. Tak heran, ada ukiran cukup besar yang menghiasi dinding-dindingnya.

Hiasan itu tak hanya dijadikan tempat berswafoto, tapi juga tempat untuk melakukan foto pre-wedding. Maka, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berfoto di sini.

Tebing Breksi
Tebing Breksi (instagram.com/explorejogja)

Tebing ini sebenarnya merupakan tempat penambangan batu alam untuk material bangunan. Namun, sejak 2014, pemerintah setempat menutup kegiatan pertambangan demi kelestarian lingkungan.

Tebing Breksi Sumbang PAD Lebih dari Rp 100 Juta

Dengan kreativitas tanpa batas, para penduduk yang berada di sekitar itu kemudian menyulap kawasan tebing untuk menjadi obyek wisata. Di awal pembukaan, destinasi wisata tebing itu hanya menyerap 46 orang pekerja yang berasal dari keluarga di sekitar tempat tersebut.

Jadi Destinasi Wisata Favorit, Tebing Breksi Berhasil Hidupi Warga Sambirejo

Lama kelamaan, tebing ini bisa membuka lapangan pekerjaan untuk 500 orang. Tepat pada bulan Mei 2015, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta.

Rute menuju Tebing Breksi:

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Tebing Breksi, disarankan untuk membawa topi ataupun kacamata hitam. Semakin siang, tebing ini banyak mendapat paparan sinar matahari.

10 Obyek Wisata Dekat Tebing Breksi Yogya yang Bisa Dikunjungi Berurutan

Berapa harga masuk Tebing Breksi? Disini, Anda tidak akan dimintakan biaya masuk, melainkan hanya membayar biaya parkir yang besarannya dari Rp 2000-10000. Lokasi Wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572.

( Tribunjogja.com | Bunga Kartikasari )

Penulis: Bunga Kartikasari
Editor: mon
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved