Sleman

Tebing Breksi Sumbang PAD Lebih dari Rp 100 Juta

Tebing Breksi telah menyumbang PAD hampir Rp 100 juta per tahun untuk Desa Sambirejo dari perhitungan sharing oleh BUMDes sebagai pihak pengelola.

Tebing Breksi Sumbang PAD Lebih dari Rp 100 Juta
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Wisata Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM - Tebing Breksi seakan menjadi nafas penghidupan bagi sebagian besar warga Sambirejo.

Sekretaris Desa Sambirejo, Mujimin atau akrab disapak Pak Je menuturkan, dari Tebing Breksi, terserap sekitar 400 warga yang terkena dampak dengan memperoleh pendapatan setiap hari dari total 5.683 penduduk Sambirejo.

Sebuah capaian yang tentunya melegakan bagi pihak desa.

“Karena yang terlibat dalam aktifitas wisata Tebing Breksi itu 98 persen warga Sambirejo, mulai dari pengelola, penjual makanan dan warung makan, petugas kebersihan, keamanan, sampai penyedia spot foto di tebing. Banyak warga pemilik homestay dan pemilik jeep juga merasakan efek positif dalam pengembangan wisata Breksi,” kata Mujimin pada Tribunjogja.com.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Dari masifnya serapan tenaga kerja ini, Mujimin menyebut banyak warga Sambirejo yang naik status dari sisi ekonomi.

Bahkan tanah di sekitar Tebing Breksi kini telah mengalami kenaikan cukup siginifikan.

Tak sampai di sini, Tebing Breksi telah menyumbang PAD hampir Rp 100 juta per tahun untuk Desa Sambirejo dari perhitungan sharing oleh BUMDes sebagai pihak pengelola.

Tebing Breksi, Bekas Lokasi Tambang yang Sukses Jadi Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Sinergi dari berbagai elemen seperti dari lintas komunitas, warga Sambirejo sendiri, akademisi, pemerintah daerah, provinsi sampai kementrian pusat termasuk Kementrian Desa yang telah memberikan bantuan sejumlah fasilitas umum di kawasan wisata menurut Mujimin menjadi satu dari beberapa kunci mengapa Tebing Breksi kini berkembang seperti sekarang.

“Bantuan fasilitas umum tersebut tentu juga menjadikan kawasan Tebing Breksi semakin nyaman untuk dikunjungi. Ke depan, kami bersama pengelola akan terus berinovasi dengan menambah spot wisata seperti Watu Payung, pembuatan embung, area camping ground dan juga pengembangan wisata lainnya di sekitar tebing,” kata Mujimin. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved