Pendidikan

Berkat Puzzle Bruang, Tunarungu Dapat Belajar Bangun Ruang dengan Cara Asyik

Selama ini belum ada media visual jaring-jaring bangun ruang dalam menunjang pembelajaran Matematika pada anak tunarungu.

Berkat Puzzle Bruang, Tunarungu Dapat Belajar Bangun Ruang dengan Cara Asyik
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Peserta Lomba Anugerah Inovasi dan Penelitian 2019 dari UIN Sunan Kalijaga memperkenalkan Puzzle Bruang sebagai media pembelajaran bangun ruang pada Tunarungu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Puluhan stan pelajar dan umum yang merupakan peserta Lomba Anugerah Inovasi dan Anugerah Penelitian tahun 2019 tampak menghiasi Ruang Bima Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Rabu (25/9/2019).

Satu di antara peserta tersebut ialah perwakilan tim dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Beranggotakan empat orang yakni Sarngi Rizqia, Suparti, Putriana Ayu Harista, Defsi Septiani yang seluruhnya berasal dari jurusan Pendidikan Matematika tersebut membuat media pembelajaran Matematika materi bangun ruang untuk tunarungu yang dinamakan Puzzle Bruang.

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Putri menjelaskan bahwa berangkat dari minat kuliah mereka di matematika, mereka ingin membantu pembelajaran siswa tunarungu di jenjang SMP untuk mengenal bangun ruang, satu dari beberapa yang dicontohkan dan paling sederhana adalah bentuk kubus.

"Anak tunarungu membutuhkan media visual pada proses pembelajaran. Selama ini belum ada media visual jaring-jaring bangun ruang dalam menunjang pembelajaran Matematika pada anak tunarungu," jelas Putri saat ditemui Tribunjogja.com di sela-sela kegiatan.

Ia mengatakan bahwa telah melakukan uji coba pada mahasiswa difabel di jurusan non eksak yang ada di UIN Sunan Kalijaga.

Hasilnya, mereka senang dan tertarik dengan ragam warna serta termotivasi untuk mengikuti pembelajaran Matematika dalam materi jaring-jaring bangun ruang kubus.

Suparti menambahkan, mereka merancang penelitian ini pada April 2019.

Kreasi Parang Pedas Karya Mahasiswa ITNY Raih Prestasi dalam Lomba Inovasi

Mereka mencoba mencari literatur terkait pembelajaran bangun ruang untuk tunarungu namun hanya ada dalam bentuk dua dimensi.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved