Kucing Lucu Ini Bernama Garlic 2.0, Hasil Kloning yang Harganya Mencapai Rp500 Juta

Perempuan ini ingin mengembalikan “kehidupan” kucing kesayangannya yang mati. Dia pun memutuskan untuk mengkloning kucingnya.

Kucing Lucu Ini Bernama Garlic 2.0, Hasil Kloning yang Harganya Mencapai Rp500 Juta
IST/Sinogene
Kucing bernama Garlic 2.0 yang merupakan hasil kloning dari kucing yang sudah mati. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mengetahui kucing peliharaannya mati pada akhir tahun 2018 lalu, hati Huang Yu hancur seketika.

Kucing tersebut jenis British Shorthair yang dia beri nama Garlic. Untuk mengobati hatinya yang sedih, Huang Yu ingin mengembalikan “kehidupan” kucingnya yang mati tersebut. Dia pun memutuskan untuk mengkloning kucingnya.

Dia  mendatangi para ahli di Cue Sinogene, perusahaan kloning hewan peliharaan yang berada di Beijing, China.

Perusahaan ini sudah berhasil mengkloning lebih dari 40 anjing peliharaan, termasuk anak anjing polisi pertama di dunia.

Tidur Siang Ternyata Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Untuk mewujudkan keinginan Huang Yu, perusahaan Cue Sinogene menggunakan teknik kloning sel somatik spesies hewan. Teknologi ini merupakan sangat baru dalam mengkloning makhluk hidup, terutama kucing.

“Karakteristik reproduksi dan fisiologis kucing berbeda dari kebanyakan hewan. Karena kucing bukanlah hewan yang mengalami ovulasi spontan, mereka adalah salah satu dari sedikit hewan yang merangsang ovulasi,” pungkas dokter hewan Shi Zhensheng dilansir dari IFL Science.

“Siklus reproduksi mereka istimewa dan teknik kloning sulit. Operasi ini rumit. Budidaya kucing kloning yang sukses ini adalah salah satu dari sedikit kasus sukses di dunia. Ini menandai langkah besar China dalam bidang kloning,” tambahnya.

Memakan waktu hampir setahun, para ilmuwan akhirnya berhasil memindahan embrio ke kucing pengganti yang sedang hamil selama 66 hari.

Kemudian, pada 21 Juli 2019 lahirnya Garlic 2.0 melalui kelahiran normal. Genetik kucing yang diberi nama Garlic 2.0 ini seluruhnya berasal dari somatik kucing Garlic yang sudah mati.

Garlic 2.0 yang merupakan kucing hasil kloning dari kucing yang sudah mati
Garlic 2.0 yang merupakan kucing hasil kloning dari kucing yang sudah mati ()
Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved