Bisnis

Tingkatkan Kualitas SDM dan Usaha Konstruksi, Askonas Gandeng LPJKN Gelar Pelatihan AKBU

Pihaknya berharap hadirnya asesor baru ini mampu memberikan dukungan terhadap pertumbuhan kualitas perusahaan jasa konstruksi

Tingkatkan Kualitas SDM dan Usaha Konstruksi, Askonas Gandeng LPJKN Gelar Pelatihan AKBU
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Suasana pelatihan AKBU atau Asesor Kemampuan Badan Usaha yang diselenggarakan oleh Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) bersama Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional di Yogyakarta, Selasa (17/9/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) menggandeng Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional menggelar pelatihan AKBU atau Asesor Kemampuan Badan Usaha di Yogyakarta, Selasa (17/9/2019).

Sebanyak 40 orang calon asesor turut serta dalam pelatihan tersebut.

"Selain menunjang kebutuhan asesor, pelatihan ini sekaligus menunjang kebutuhan perusahaan jasa konstruksi untuk mengikuti regulasi yang tertuang dalam UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi terkait Badan Usaha," kata Rahmatullah Ketua Umum DPP Askonas saat ditemui media di sela acara.

Jasa Konstruksi di DIY Masih Didominasi Kontraktor Luar Daerah

Pihaknya berharap hadirnya asesor baru ini mampu memberikan dukungan terhadap pertumbuhan kualitas perusahaan jasa konstruksi di bawah naungan Askonas.

Tak hanya kualitas SDM tapi juga legalitas yang bertaraf internasional.

"Era digital dan kemajuan teknologi informasi ini memungkinkan persaingan secara global dan terbuka, menuntut perusahaan jasa konstruksi terus memperbaiki diri," tambahnya.

Rahmatullah menjabarkan saat ini dibawah asosiasi sudah memiliki sekira 150 orang asesor.

Angka ini dirasa akan terus bertambah mengingat pelatihan ini merupakan gelombang ke-8 dan dimungkinkan masih akan berlanjut.

"Tentu kita ingin mencetak asesor yang berintegritas, profesional, mendukung pengembangan jasa konstruksi dan menjadi faktor dimana dapat mendukung pengembangan infrastruktur di Indonesia," tandasnya.

Ingin Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri, Tujuh Asosiasi Konstruksi Jalin Sinergi

Ketua Komite Pengembangan Kontrak Konstruksi, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional, Husni Ingratubun mengatakan posisi sebagai asesor merupakan salah satu instrumen dalam legalitas perusahaan jasa konstruksi.

Oleh karenanya, pihaknya mengapresiasi dan terus mendorong agar asesor ini mampu tumbuh dan bertambah sehingga memiliki kontribusi dalam pembangunan nasional yang masif akhir-akhir ini.

"Pelatihan ini juga kita dorong agar mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi dibidang terkait dunia jasa konstruksi yang artinya pembangunan jasa konstruksi ini harus menciptakan kesejahteraan, kemakmuran dan membuka kesempatan kerja dan lapangan kerja serta distribusi penghasilan dan bisa menggerakkan sektor-sektor terkait dari hulu hingga hilir atau kita sebut rantai pasok baik manusianya, material atau perlatannya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD Askonas DIY Muhammad Luthfi Setiabudi menambahkan ada sebanyak 20 calon asesor yang turut serta dalam pelatihan ini.

Pihaknya berharap lebih dari 50 persen perserta yang datang dari Yogyakarta ini mampu mendorong sektor jasa konstruksi di Yogyakarta untuk menjadi tuam rumah di tanah sendiri.

"Berawal dari Yogyakarta kita ingin asesor ini mampu menumbuhkan geliat jasa konstruksi di Yogyakarta yang akhir-akhir ini justru dikuasai oleh kontraktor luar daerah. Kita berharap ini menjadi awal yang bagus," tandasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved