Kota Magelang

Kampung Tidar Campur akan Dijadikan Destinasi Pariwisata Baru Berbasis Teknologi dan Informasi

Potensi Kampung Tidar Campur, Tidar Selatan, Magelang Selatan, terus didorong Pemkot Magelang dalam berbagai bidang.

Kampung Tidar Campur akan Dijadikan Destinasi Pariwisata Baru Berbasis Teknologi dan Informasi
istimewa
Potensi Kampung Tidar Campur, Tidar Selatan, Magelang Selatan, terus didorong Pemkot Magelang dalam berbagai bidang. Salah satunya, yang paling relevan di kampung ujung selatan Kota Sejuta Bunga itu akan dijadikan destinasi pariwisata baru berbasis teknologi dan informasi. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Potensi Kampung Tidar Campur, Tidar Selatan, Magelang Selatan, terus didorong Pemkot Magelang dalam berbagai bidang.

Salah satunya, yang paling relevan di kampung ujung selatan Kota Sejuta Bunga itu akan dijadikan destinasi pariwisata baru berbasis teknologi dan informasi.

Sepanjang Agustus 2019, Indonesia Digoyang Gempa 673 Kali

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti mengatakan inovasi diperlukan untuk mengangkat potensi dan pengembangan di suatu wilayah.

Hal ini selaras dengan rencana penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang sudah menginjak tahun keempat di Kota Magelang.

Kota Magelang Jadi Rujukan Belajar Pelatihan Kepemimpinan Lembaga Administrasi Negara

"SIDa dengan tema Industrialisasi Pariwisata Berbasis Teknologi dan Berwawasan Lingkungan telah menunjukkan progres dan tercapainya target yang digariskan. Melalui penguatan SIDa, maka kami harapkan agar inovasi guna menyesuaikan dinamika maupun regulasi yang ada," kata Arif, Rabu (4/9/2019).

Dia menyebutkan bahwa Tim SIDa terdiri dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), stake holder terkait, dan masyarakat.

Dengan adanya intervensi pemerintah dan pihak terkait ini, maka segala potensi bisa langsung dikembangkan dan persoalan dapat segera diatasi.

"Misalnya adalah persoalan terkait air limbah. Lalu, Disperindag Kota Magelang membuat perencanaan untuk membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) lewat Tim SIDa. Adanya tim ini diharapkan dapat memberikan campur tangan, sehingga target pengembangan potensi bisa tercapai," ujarnya.

Wakil Walikota Magelang Larang Warganya Bakar Sampah

Arif menambahkan bahwa seiring berjalan, SIDa Kota Magelang yang dipusatkan di Kampung Tidar Campur ini, telah menunjukkan prestasi yang sangat membanggakan.

Bahkan, Kota Magelang mendapatkan Anugerah Lembaga Litbang Berkinerja Peringkat Utama yang diterima Walikota Magelang, Sigit Widyonindito pada tahun 2018 lalu.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved