Datangi Sumba Barat, Pemkot Magelang Promosikan UMKM dan Jalin Kemitraan UMKM

Kunjungan ini juga bertujuan untuk mempromosikan potensi UMKM di Kota Magelang serta mengandeng kemitraan

Datangi Sumba Barat, Pemkot Magelang Promosikan UMKM dan Jalin Kemitraan UMKM
Tribun Jogja/ Rendika Ferri K
Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, menyerahkan batik hasil produk UMKM Kota Magelang kepada Bupati Sumba Barat, Agustinus Naga Dapawole, pada tatap muka dengan Pemkab Sumba Barat di Rumah Dinas Bupati Sumba Barat, Senin (26/8/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang gencar mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Magelang ke berbagai daerah di Indonesia.

Kali ini di satu daerah yang terkenal akan potensi pariwisatanya yakni di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono, mengatakan Pemkot Magelang bersama media yang ada di Kota Magelang berkunjung secara langsung ke Kabupaten Sumba Barat untuk belajar secara langsung bagaimana pengelolaan pariwisata yang ada di Sumba Barat, sehingga dapat begitu dikenal oleh masyarakat luas.

Kunjungan ini juga bertujuan untuk mempromosikan potensi UMKM di Kota Magelang serta mengandeng kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat di berbagai bidang, termasuk di bidang UMKM.

“Kami melihat potensi wisata di Sumba Barat yang sangat luar biasa. Kami ingin datang secara langsung untuk belajar bagaimana pengembangan bidang pariwisata di Sumba Barat, untuk dapat diterapkan di Kota Magelang. Di sini, kami ingin mempromosikan UMKM yang ada di Kota Magelang, juga menjalin hubungan kemitraan di bidang UMKM dengan Kabupaten Sumba Barat," kata Joko, Senin (26/8/2019) saat tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, di Rumah Dinas Bupati Sumba Barat.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kota Magelang secara langsung mempromosikan seluruh potensi yang ada di Kota Magelang, khususnya potensi UMKM agar dapat dikenal oleh masyarakat Sumba Barat.

Para pelaku UMKM yang ada di Kota Magelang mempromosikan secara langsung produk UMKM di hadapan Bupati Sumba Barat, Agustinus Naga Dapawole dan jajarannya.

Berbagai produk UMKM yang ada di Kota Magelang dipromosikan, mulai dari batik khas Magelang hingga produk olahan makanan seperti keripik paru, manisan salak pondoh, permen jeli salak, keripik sayur terong, keripik sayur pegagan, keripik sayur selederi, keripik sayur wortel, kerupuk tahu dan sirup jahe.

"Produk UMKM yang ada di Kota Magelang banyak sekali. Hasilnya bermacam-macam dan bervariasi, dan tak kalah dari daerah lain. Mulai dari batik sampai produk keripik. Seperti batik khas Kota Magelang dengan corak khas yang menggambarkan nama setiap kampung di Kota Magelang, corak Water Toren yang merupakan landmark Kota Magelang. Produk makanan seperti keripik kami pun juga sudah begitu terkenal dan dikirim ke daerah-daerah di Indonesia," ujar Ketua UMKM Kota Magelang, Iwing Setyowati, Senin (26/8/2019).

Bupati Sumba Barat, Agustinus Naga Dapawole, pun menyambut baik rombongan dari Pemerintah Kota Magelang dan media ini.

Halaman
123
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved