Sport

Diperkuat 3 Pilar Timnas, Tim Rugby DIY Optimis Rebut Tiket PON 2019

PRUI DIY optimis mampu meraih tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019, di mana babak kualifikasi berlangsung 28-30 Agustus mendatang.

Diperkuat 3 Pilar Timnas, Tim Rugby DIY Optimis Rebut Tiket PON 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Tim Rugby DIY bersama jajaran KONI DIY, dalam agenda pelepasan atlet Pra-PON, di kantor KONI DIY, Yogyakarta, Kamis (16/8/2019) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM - Diperkuat deretan pemain Timnas, Pengda Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) DIY optimis mampu meraih tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019, di mana babak kualifikasi berlangsung 28-30 Agustus mendatang.

Pelatih tim Rugby DIY, Abdul Mahfudin Alim berujar, peluang pasukannya terbuka lebar, dengan diperkuat deretan pemain berkualitas.

Di samping itu, provinsi yang jadi pesaing terberat, yakni Papua, telah lolos otomatis, karena berstatus tuan rumah.

"Tahun lalu kita menempati peringkat dua di kelas U-21, baik putra, maupun putri ya, di bawah Papua yang sudah dipastikan lolos. Untuk Pra-PON kali ini, sistemnya lima besar," ujarnya pada Tribunjogja.com, Jumat (16/8/2019).

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Tapi, sebisa mungkin, kami akan berjuang keras agar bisa lolos ke final ya, supaya berangkatnya bisa dibiayai penuh oleh KONI DIY, dimana syaratnya kan harus masuk tiga besar," lanjut Abdul.

Walau begitu, sang juru taktik menilai, selain Papua, masih terdapat daerah-daerah lain yang berpotensi menjadi batu sandungan bagi DIY.

Satu di antaranya, yakni DKI Jakarta, yang juga diperkuat deretan penghuni Timnas dan persiapan tim matang.

"DKI sudah duluan persiapan, tapi itu tidak menjadi alasan ya, kita tetap pengen juara. Selain DKI, masih ada beberapa yang punya pemain Timnas juga. Tapi, insyaallah kita masih bisa kalahkan," ucapnya.

Namun, ia menegaskan, anak asuhnya kini berada dalam kondisi siap tempur, jelang bertolak menuju Bali pekan depan.

Bagaimana tidak, timnya telah menjalani latihan dengan intensitas tinggi, atau training camp (TC) secara mandiri, sejak Januari lalu. 

Pengurus Baru FORKI DIY Diminta Segera Siapkan Atlet untuk Pra PON

"Persiapan kami cukup panjang ya, insyaallah siap lah, kita sudah 95 persen, nanti 100 persennya saat anak-anak bertanding. Kita bawa 24 pemain putra dan putri, serta 6 official tim," tegasnya.

Lebih lanjut, Abdul mengatakan, masuknya beberapa pemain DIY ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) memberi pengaruh yang cukup signifikan untuk timnya.

Bukan tanpa sebab, ia menilai, latihan yang didapat di Pelatnas, jauh lebih intensif dibanding di daerah.

"Gizinya juga jelas beda ya dibandingkan Puslatda. Apalagi, TC kita kan benar-benar mandiri, ya mungkin karena baru tahun ini masuk anggota KONI. Makanya, itu sangat membantu kami," katanya. 

"Ya, pemain kami yang masuk Pelatnas persiapan SEA Games ini ada tiga, dua putra, satu putri, atas nama Dian, Dion dan Daniel, kita sebutnya 3D, mereka tim inti Timnas," pungkas Abdul. (*)

Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved