Gunungkidul

Hari Pertama Usai Pelantikan, Anggota DPRD Gunungkidul Berangkat Siang

Hingga pukul 12.00 WIB baru separuh anggota dewan terpilih yang berangkat ke kantor.

Hari Pertama Usai Pelantikan, Anggota DPRD Gunungkidul Berangkat Siang
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Hari pertama setelah dilantik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul masih sepi.

Dari pantauan Tribunjogja.com, hingga pukul 12.00 WIB baru separuh anggota dewan terpilih yang berangkat ke kantor.

Rencana pada hari pertama, anggota dewan akan membagi fraksi, membuat Alat Kelengkapan (alkap) dewan, menentukan ketua definitif dan membentuk tata tertib (tatib).

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

Ketua Sementara DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih menuturkan, ia akan berkoordinasi dengan sekretariat dewan untuk melakukan pembahasan lebih lanjut.

"Jadi pembahasan alkap ini harus dibahas dengan lintas fraksi, sesungguhnya partai politik seharusnya sudah melakukan rapat internal untuk menentukan pimpinan fraksi untuk melakukan lobi politik menentukan anggota fraksi," paparnya pada Tribunjogja.com, Selasa (13/8/2019).

Saat disinggung mengenai berapa lama yang dibutuhkan untuk membentuk alkap dan lainnya, ia tidak bisa menargetkan hingga berapa lama pembahasannya.

Menurutnya lama pembahasan tergantung masing-masing fraksi.

"Secepatnya mengingat saat ini sudah masuk bulan Agustus dan harus segera membahas APBD, bulan ini sangat padat agendanya sehingga waktu efektif untuk membahas juga akan terpotong," ujarnya.

Caleg Gunungkidul Dilantik, Simpatisan Rayakan dengan Cukur Gundul dan Lari Sejauh 10 km

Sambung Endah, jika berkaca dengan pengalaman sebelumnya penyusunan fraksi hingga membuat tata tertib tidak sampai memakan waktu lebih dari tiga bulan.

Anggota DPRD Gunungkidul, Arif Wibowo dari PKS, menyampaikan pada hari ini seharusnya dilakukan penyusunan nama-nama anggota komisi.

"Penyusunan komisi kemungkinan besar akan proporsional. Agenda hari ini harusnya menyusun komisi dan dilanjutkan pembahasan tatib," ucap Arif.

Dirinya berharap agenda-agenda terdekat dapat segera diselesaikan mengingat DPRD Gunungkidul harus melanjutkan pembahasan APBD murni Gunungkidul.

"Harus segera diselesaikan karena pada bulan November harus disepakati," pungkasnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved