Perbedaan Gatal Akibat Kutu dan Ketombe yang Perlu Anda Tahu

Terkadang, sulit membedakan apakah Anda berketombe atau justru kutuan hanya dengan melihat sekilas dan mengandalkan rasa gatal di kulit kepala

Perbedaan Gatal Akibat Kutu dan Ketombe yang Perlu Anda Tahu
net
Ilustrasi: Ketombe 

TRIBUNJOGJA.COM - Kutu dan ketombe adalah dua kondisi yang menyerang kulit kepala. Keduanya sama-sama membuat kulit kepala gatal dan muncul banyak bintik putih di rambut.

Terkadang, sulit membedakan apakah Anda berketombe atau justru kutuan hanya dengan melihat sekilas dan mengandalkan rasa gatal di kulit kepala. Untuk itu, kenali lebih jauh perbedaan kedua kondisi ini.

Apa itu kutu?

Kutu rambut adalah parasit menular yang biasanya menempel pada kulit kepala dan batang rambut.

Pediculus humanus capitis merupakan nama parasit yang menyebabkan kutu rambut. Umumnya, kutu rambut terdiri dari tiga jenis, yaitu:

Telur (nits), biasanya berupa bintik putih kecil yang menempel di batang rambut. 

Nimfa (kutu dewasa muda), serangga kecil berwarna cokelat muda yang menetas dari telur. Kutu dewasa, ukurannya biasanya sudah lebih besar dari nimfa, kira-kira seukuran biji wijen dan berwarna cokelat tua.

Sekitar 6 sampai 12 juta anak-anak dari usia 3 sampai 11 tahun biasanya memiliki kutu rambut.

Kutu rambut bertahan hidup dengan mengisap darah dari kulit kepala yang ditinggalinya. Liur kutu saat menghisap inilah yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan akhirnya membuat kulit kepala gatal.

Apa itu ketombe?

Halaman
1234
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved